21 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Kodam VI/Mulawarman Gelar Upacara Hari Juang Kartika ke-72 di Samarinda


Kodam VI/Mulawarman Gelar Upacara Hari Juang Kartika ke-72 di Samarinda
Upacara Hari Juang Kartika ke-72. Tema Hari Juang Kartika di halaman parkir GOR Madya Sempaja, Jalan KH. Wahid Hasyim, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Jum’at 15 Desember 2017.

KLIKSAMARINDA.COM - Kodam VI/Mulawarman (Mlw) menggelar upacara Hari Juang Kartika ke-72. Tema Hari Juang Kartika tahun ini adalah "Manunggal Dengan Rakyat TNI - AD Kuat",

Upacara peringatan berlangsung di halaman parkir GOR Madya Sempaja, Jalan KH. Wahid Hasyim, Kelurahan Sempaja Selatan, Kecamatan Samarinda Utara, Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), Jum’at 15 Desember 2017.

Bertindak selaku Inspektur Upacara, Pangdam VI/Mulawarman, Mayjen TNI Sonhadji. Berlaku sebagai Komandan Upacara (Danup), Letkol Inf Sigit Hengki Purwanto.

Upacara diikuti 700 orang peserta upacara dan tamu undangan terdiri dari Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun, Pusterad Brigjen TNI Rudiono Edi, Kasdam VI/Mulawarman, Brigjen TNI Teguh Pudjo Rumekso, Penjabat Pelaksana Tugas Pokok Kemenhan RI) Brigjen TNI Rukman Ahmad, Sekprov Kaltim, Rusmadi Wongso, Kasrem 091/ASN, Kolonel Inf Frengky E. Riupasa, Para Asisten Kodam VI/Mlw, Ketua MUI Kaltim, KH. Hamri Has, Wakil Walikota Samarinda H. Nusyirwan Ismail, dan tokoh masyarakat Kaltim, Jos Sutomo.

Upacara terdiri dari 1 Pleton Lambang-lambang Satuan, 1 Pleton Korsik Ajendam VI/Mlw, 1 Pleton Pama, 3 Kompi Batalyon 600 R/ Modang, 3 Kompi Batalyon 611/Awl, 1 Pleton Yonzipur 17/AD‎, 1 Kompi Yonkav 13/SL, 1 Pleton Arhanud 1 Pleton Brimob Pelopor Polda Kaltim, 1 Pleton Polresta Samarinda, 1 Pleton ASN, 1 Pleton Satpol PP, 1 Pleton Tagana, 1 Pleton SMK Pelayaran dan 1 Pleton SMK Kehutanan.

Amanat Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono yang dibacakan Pangdam VI/Mlw Mayjen TNI Sonhadji, menyampaikan Palagan Ambarawa adalah simbol kemanunggalan TNI AD dan rakyat Indonesia. Hubungan antara TNI AD dan rakyat bukanlah sebatas hubungan profesionalitas belaka. Namun lebih dari itu, TNI AD memiliki hubungan biologis dengan rakyat Indonesia karena dilahirkan dari rakyat sehingga senantiasa membela dan memperjuangkan kepentingan rakyat.

Sebaliknya, rakyat adalah pendukung dan penguat perjuangan TNI AD dalam setiap tugas yang diemban. Sebagai bagian dari komponen Bangsa, TNI AD berkomitmen untuk bersama-sama mendukung program pemerintah, yaitu dengan melibatkan Rumah Sakit TNI AD dalam program Indonesia Sehat, Tentara Mengajar untuk mewujudkan Indonesia Pintar dan merekrut putra-putri daerah yang potensial termasuk yang berasal dari wilayah terpencil dan terluar serta perbatasan untuk menjadi prajurit TNI AD yang selaras dengan program Indonesia Kerja guna membantu terwujudnya Indonesia Sejahtera.

Secara internal, TNI AD juga terus meningkatkan kemampuan prajuritnya sehingga menjadi prajurit yang unggul dan profesional yaitu melalui proses rekrutmen, pendidikan dan pelatihan serta penugasan yang baik. Komitmen tersebut telah mengantarkan TNI pada peringkat ke-14 dunia dan peringkat pertama di Asia Tenggara.

Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa pembangunan kekuatan pertahanan Negara yang dilakukan oleh pemerintah telah mendorong TNI sebagai kekuatan yang diperhitungkan dunia.

“Saya ucapkan terima kasih kepada seluruh personel TNI AD karena dalam penyelenggaraan Pilkada serentak tahun 2017, kalian telah memegang teguh komitmen dan menjaga netralitas TNI sehingga pesta demokrasi tersebut berjalan dengan aman dan lancar. Ke depan, saya tidak akan segan dan ragu untuk memberikan tindakan dan hukuman apabila ada anggota TNI AD yang menciderai amanat reformasi ini,”tegasnya.

Sebagaimana peringatan Hari Juang Kartika sebelumnya, pada peringatan kali ini juga dilaksanakan upacara secara terpusat maupun secara tersebar secara sederhana. Selanjutnya, untuk menambah makna peringatan ini, TNI AD juga melaksanakan acara syukuran, ziarah, dan Lomba Lari 10 KM yang dilaksanakan secara serentak di seluruh Kodam dan melibatkan 67.328 orang dari berbagai kalangan.

Selain itu, berbagai kegiatan bakti sosial seperti pemberian Sembako sejumlah 27.152 paket, santunan kepada 2.976 orang Veteran dan Warakawuri, donor darah sejumlah 20.460 orang, khitanan massal sejumlah 2.486 orang, operasi bibir sumbing sejumlah 247 orang, operasi katarak sejumlah 2.668 orang dan pengobatan massal sejumlah 19.262 orang. Di bidang karya bakti, telah dilaksanakan penanaman 149.490 pohon di seluruh wilayah.

Kegiatan-kegiatan itu diharapkan dapat menjadi bagian dari upaya peningkatan kesejahteraan dan kualitas hidup masyarakat Indonesia.

Pangdam VI/Mlw menyerahkan kunci bedah rumah atas nama Bahtiar di Jalan Barito Gang Rahmat, RT 18, Kelurahan Simpang Tiga, Kecamatan Samarinda Seberang dan Dariyanto di Jalan Mandala, RT 12, Kelurahan Lempake, Kecamatan Samarinda Utara. Pangdam juga memberikan santunan kepada warakawuri/pensiunan/pejuang.

Acara ini juga menampilkan drama klosal yang menceritakan perjuangan Sangasanga dan demontrasi beladiri militer. Pangdam VI/Mlw dan rombongan juga meninjau kegiatan bakti sosial donor darah, khitanan massal dan pengobatan massal. (*)

Reporter : Penrem    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0