20 Januari 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Alumnus Unmul Diminta Berkarya untuk Kemajuan Bangsa


Alumnus Unmul Diminta Berkarya untuk Kemajuan Bangsa
Wisuda Unmul Gelombang IV Sabtu 9 Desembber 2017.

KLIKSAMARINDA.COM – Sebagai daerah yang kaya akan minyak, gas, tambang batubara, hutan dan perkebunan masyarakat Kaltim belum menikmati itu secara merata. Terlebih, daerah pelosok yang kekurangan distribusi kesejahteraan lantaran koneksivitas belum maksimal menyetuh daerah perbatasan.

Dengan latar belakang problema tersebut, lembaga pendidikan Perguruan Tinggi (PT), terlebih Unmul, memiliki posisi yang sangat fundamental melahirkan lulusan terbaik yang berkarater inovatif, mandiri, cerdas, bertaqwa dan setia pada negara Republik Indonesia (RI).

Universitas Mulawaran kembali meluluskan mahasiswa terbaiknya. Dalam kurun lima tahun belakangan ini, universitas terbesar di Kaltim itu setiap tahunnya menargetkan tiga sampai empat gelombang. Hal itu dilakukan untuk memperbesar tenaga terdidik Kaltim masuk dalam segala lini produksi terlebih di wilayah Provinsi Kaltim.

Hal itu dijelaskan, Rektor Universitas Mulawarman Prof Masjaya kepada para hadirin wisudawan yang telah mengikrarkan diri mendorong terciptanya suata tatanan masyarakat yang sejahtera, adil dan beradab.

"Unmul kita dorong sama-sama untuk menjadi lembaga pendidikan paling sempurna di Kaltim. Berbagai cara telah ditempuh salah satunya mendapat predikat akreditasi A. Tapi itu saja tidak cukup. Ada 14 Fakultas yang juga sedini ini dikuatkan sebagai langkah mengejar ketertiggalan Kaltim dengan daerah luar Kalimantan, dalam hal kualitas SDM,” ujar Masjaya kepada para peserta wisuda dan tamu undangan yang hadir pada kesempatan berbahagia itu, Sabtu 9 Desembber 2017.

Di tempat yang sama, Rektor Universitas Padjajaran Bandung, Prof. Dr. Med. Tri Hangguno Achmad memberikan orasi ilmiah kepada peserta wisuda. Menurutnya, perkebangan pesat teknologi informasi digunakan sebagai sarana penunjang kesuksesan para wisudawan dan wisudawati.

Dalam orasi ilmiah Wisuda Gelombang ke-IV, tahun 2017 itu, Achmad menjelaskan, baik lulusan dari seluruh jenjang mulai dari D3 hingga S3 wajib memberikan dampak nyata untuk masyarakat bangsa dan negara. Pria kelahiran Bandung 22 September 1962 itu pun menyebut dengan menempatkan disiplin ilmu dan teknologi secara beriringan, sudah tentu mampu memperluas lapangan pekerjaan dan meminimaliskan kesenjangan sosial di masyarakat.

“Kemampuan sumber daya manusia daerah, turut ditentukan lembaga pendidikan yang berkualitas, semoga saja Umul menjadi lembaga pendidikan tinggi yang terbaik sejajar dengan Unpad kedepan,” sebut Tri Hangguno menguraikan, ekonomi global Asia Tenggara. (*)

Info grafis jumlah lulusan masing-masing jenjang studi di Unmul, Gelombang IV tahun 2017.
D3 = 30
S1 = 986
Profesi = 12
S2 = 151
S3 = 5

 




Comments

comments


Komentar: 0