21 Juli 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ketua DPRD Kaltim Sayangkan Perubahan Fungsi Lahan di Desa Batuah Kukar


Ketua DPRD Kaltim Sayangkan Perubahan Fungsi Lahan di Desa Batuah Kukar
Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun saat berdialog bersama warga Desa Batuah, Kutai Kartanegara, Jumat 8 Desember 2017

KLIKSAMARINDA.COM - Kondisi masyarakat di Kalimantan Timur (Kaltim) belum sepenuhnya ideal. Terutama, warga yang berada di polosok. Kondisi ini mendorong DPRD Kaltim nntuk turun langsung melihat fakta di lapangan dan mendengarkan aspirasi warga.

Seperti warga Desa Batuah, Kutai Kartanegara (Kukar). Warga di daerah ini masih memerlukan penyediaan fasilitas umum dan infrastruktur untuk mendukung kehidupan sehari-hari. Layanan air bersih dari PDAM, penanganan polusi udara dan air, hingga dampak perubahan fungsi lahan menjadi keluhan warga Desa Batuah.

Ketua DPRD Kaltim, HM Syahrun menyayangkan adanya perubahan peruntukan lahan di Desa Batuah Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim). Menurut Syahrun, perubahan peruntukan lahan itu terjadi karena adanya pembukaan lahan pertambangan batubara dan perkebunan kelapa sawit.

Desa Batuah ini, menurut Syahrun, dulunya merupakan salah satu daerah penghasil lada terbesar di Kaltim. Meski saat ini, lahan para petani kita sudah banyak beralih fungsi menjadi lahan tambang batubara dan perkebunan sawit.

"Saat ini, lahan para petani kita sudah banyak beralih fungsi menjadi lahan tambang batubara dan perkebunan sawit," ungkap Syahrun.

Warga juga melaporkan adanya persoalan perkebunan kelapa sawit dan pertambangan batubara di Desa batuah yang telah mengubah fungsi lahan. Dampak dari alih fungsi lahan itu dapat menentukan kualitas hidup masyarakat Desa Batuah.

Persoalan semakin bertambah saat fasilitas umum dan infrastruktur di Desa Batuah belum tersedia maksimal. Akibatnya, warga pun kesulitas memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari.

"Dari laporan warga, selain persoalan izin tambang dan perkebunan sawit, warga desa Batuah dan sekitarnya pun mengeluh akibat rusaknya lingkungan baik udara dan lahan tani serta sulitnya ketersediaan air bersih. Mengingat hingga saat layanan PDAM belum tersedia bagi warga," ujar Syahrun saat bertemu dengan warga Desa Batuah, Jumat 8 Desember 2017, di Balai Pertemuan Desa Batuah.

Karena itu, Syahrun menyarankan agar kepala Desa Batuah segera mengirimkan surat aduan kepada DPRD Kaltim terkait keluhan tersebut. Secara kelembagaan, DPRD Kaltim akan menindaklanjuti aduan tersebut dan memberikan jalan keluar bagi persoalan yang tengah dihadapi warga Desa Batuah, Kukar.

"Sebagai tindak lanjut atas persoalan ini, saya meminta kepada Kepala Desa, untuk segera mengirimkan aduan tertulis kepada DPRD Kaltim, untuk segera di mediasikan bersama pihak pemerintah, sehingga masyarakat tidak lagi resah atas setiap permasalahan yang dialami," ujar Syahrun. (Adv)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0