17 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Maskapai Pengganti Kalstar di Bandara Temindung Bakal Terbang Perdana 2018


Maskapai Pengganti Kalstar di Bandara Temindung Bakal Terbang Perdana 2018
Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama Bandara Temindung, Imam Asnawi (Foto: KLIKSAMARINDA)

KLIKSAMARINDA.COM - Pemerintah menghentikan operasional maskapai Kalstar Aviation per tanggal 30 September 2017 lalu, sekaligus meminta maskapai itu melakukan pembenahan internal manajemen. Di Samarinda, Kalimantan Timur, pihak Bandara Temindung menyurati Kementerian Perhubungan agar segera ada maskapai pengganti, guna mengisi kekosongan rute yang sebelumnya dilayani Kalstar.

Kalstar Aviation meninggalkan 7 rute dari Bandara Temindung Samarinda, tujuan Balikpapan, Melak di kabupaten Kutai Barat, dan Tanjung Redeb di kabupaten Berau. Praktis, pascapenghentian operasional sementara Kalstar, terjadi kevakuman penerbangan tujuan ke beberapa kabupaten itu.

Saat ini, Dirjen Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan menyetujui beroperasinya maskapai Express Air untuk melayani penerbangan dari dan menuju ke Bandara Temindung. Maskapai dengan pesawat berjenis ATR 42-300 itu menggantikan sebagian besar rute maskapai Kalstar, yang operasionalnya dihentikan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Kepastian itu didapat setelah diterimanya surat pemberitahuan Authorisation Check List (ACL) oleh maskapai Express Air ke Kementerian Perhubungan RI yang kemudian diteruskan ke Bandara Temindung tertanggal 28 November 2017.

Pun, maskapai Express Air setelah mengantongi Flight Approval dari Kemenhub, guna melayani sejumlah rute dari dan menuju Samarinda, Kalimantan Timur. Operasional maskapai itu di Samarinda rencananya dilakukan penerbangan perdana 28 Oktober 2018.

"Ya, sudah diperoleh penggantinya. Express Air yang nanti menggantikannya secepatnya," Kepala Seksi Pelayanan dan Kerjasama Bandara Temindung, Imam Asnawi saat ditemui KlikSamarinda, Kamis, 7 Desember 2017.

Dari surat slot time yang dikirimkan Express Air ke Bandara Temindung, sejumlah rute yang akan mereka layani, adalah rute Samarinda-Tanjung Redeb, Samarinda-Tanjung Selor, Samarinda-Melak dan Samarinda-Balikpapan.

Kendati tidak semua rute maskapai Kalstar Aviation, digantikan oleh Express Air, menurut Imam, hal itu tidak masalah.

"Yang tidak ada, adalah rute dari Samarinda tujuan Malinau dan Tarakan di Kalimantan Utara. Sebelumnya, tujuan kedua wilayah itu, memang dilayani oleh Kalstar," kata Imam.

Dengan begitu, lanjut dia, penerbangan dari sejumlah kota dan kabupaten di Kaltim menuju Samarinda, kembali akan diramaikan dengan kehadiran penerbangan reguler. Rencananya dalam waktu dekat, akan dipersiapkan counter check in dan juga ruang administrasi maskapai, termasuk koordinasi lanjutan dengan pihak Bandara Temindung. (*)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0