21 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

PIK Mahasiswa Pesut Mahakam: Jauhi Virus HIV AIDS, Bukan Penderitanya


PIK Mahasiswa Pesut Mahakam: Jauhi Virus HIV AIDS, Bukan Penderitanya
Kegiatan PIK Mahasiswa Unmul peringati Hari HIV/AIDS, 1 Desember 2017 (Foto: KLIK)

KLIKSAMARINDA.COM - Dalam rangka memperingati hari HIV AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember, Pusat Informasi dan Konseling Mahasiswa (PIK-M) Pesut Mahakam, Universitas Mulawarman mengadakan malam renungan. Semua anggota Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R) dan PIK-M ikut serta dalam acara renungan.

Acara ini dihadiri KPA Kota Samarinda, PKPI, dan Komunitas ODHA .

Ketua Umum PIK M Pesut Mahakam, Esti Suristiawati melalui Formatur Sekar Pratiwi mengatakan, permasalahan HIV saat ini seperti gunung es.

"Kami di sini menginisiasi statemen kami karena yang kita lihat saat ini permasalahan HIV itu seperti gunung es, khususnya di Kota Samarinda yang terlihat hanya di permukaannya saja, tidak sampai ke bawah-bawah," ungkapnya.

Sekar juga menghimbau agar masyarakat tidak punya stigma buruk terhadap penderita HIV yang sering kita sebut dengan Orang Dengan HIV AIDS (ODHA).

"Kita juga di sini menghimbau kepada masyarakat agar tidak mempunyai stigma buruk terhadap penderita HIV AIDS. Jadi kami di sini mengambil tema "Jauhi Virusnya Bukan orangnya". Yang harus kita jauhi dan kita cegah adalah virus itu. Jangan sampai masuk ke dalam tubuh kita," imbuhnya.

Ia mengharapkan dengan gerakan PIK-R dan PIK-M dapat mengubah pikiran dari masyarakat bahwa menjauhi orang yang terkena virus HIV tidak semestinya dijauhi dan juga tingkat orang yang terkena HIV AIDS khususnya di Kota Samarinda dapat berkurang.

"Ya, harapan kami karena ini menjadi ajang silaturahmi dari PIK-R dan PIK-M, outputnya kita dapat bersama-sama mengubah pikiran masyarakat bahwa ODHA tidak seharusnya dijauhi dan juga harapan kami nantinya tingkat orang yang terkena virus HIV AIDS di kota Samarinda dapat berkurang," pungkas Sekar. (*)

Reporter : Dede Hermawan    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0