21 April 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Festival Mahakam Samarinda Tuai Pujian Dari Warga Luar Daerah


Festival Mahakam Samarinda Tuai Pujian Dari Warga Luar Daerah
Salah satu penampilan peserta Festival Mahakam 2017 di Samarinda

KLIKSAMARINDA.COM - Festival Mahakan Samarinda 2017 yang berlangsung di Ibukota Provinsi Kaltim ini menuai banyak apresiasi dari warga setempat. Kegiatan ini memberikan harapan terhadap agenda pariwisata yang dapat menopang perekonomian daerah.

Festival Mahakam merupakan agenda Nasional Pemerintah Kota Samarinda yang diselenggarakan oleh Dinas Pariwisata dan Budaya setempat. Kegiatan ini berlangsung dalam rangka memperkenalkan pariwisata dan budaya Kota Samarinda, secara luas Kalimantan Timur (Kaltim) guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan baik dari dalam maupun luar Negeri.

Salah satunya datang dari warga Kabupaten Kutai Barat (Kubar) dan Mahakam Ulu (Mahulu). Mereka menghadiri dan mengikuti langsung kegiatan pawai adat Festival Mahakam yang berlangsung sejak tanggal 3 hingga 5 November 2017 ini.

Misalnya dari Ketua Komisi tiga DPR-D Kubar, Anselmus Tatang. Tatang hadir dalam kegiatan Parade 1000 hudoq. Dirinya mengaku terkesan melihat berbagai acara seni dan budaya yang ditampilkan selama kegiatan berlangsung.

Tatang berharap Festival Mahakam dapat menjadi agenda Nasional dan dapat diselenggarakan di Kutai Barat guna mendongkrak Pariwisata Daerah.

“Sangat bagus sekali karena berkaitan erat dengan pariwisata kita di Kaltim. Kita berharap kedepan Kutai Barat bisa mengagendakan secara Nasional terutama dalam kegiatan budaya, karena di Kaltim ini ada dua Iven yang masuk dalam agenda Nasional pertama Erau di Kukar dan Festimal Mahakam ini. Kita berharap Kubar juga bisa mengikuti jejak itu,” harapnya

Pun demikian dengan pernyataan dari warga Kabupaten Mahakam Ulu, Vincensius Geh. Warga dari provinsi termuda di Kaltim ini mengungkapkan, warga Kabupaten Mahulu terlibat langsung dalam acara Parade 1000 Hudoq dan Hudoq Kawit dalam Festival Mahakam 2017.

Ia mengaku senang dan berharap Pemeritah khususnya Pemerintah Kabupaten Mahakam Ulu dapat mengagendakan kegiatan serupa agar seni dan budaya lokal dapat dikenal hingga ke mancanegara.

“Gembira, senang karena budaya kita semakin tahunkan tidak tenggelam. Semoga budaya kita contohnya Hudoq maskot dari Kabupaten Mahakam Ulu tidak pernah tengelam dan tiap tahun diadakan acara seperti ini, supaya adat atau budaya kita dikenal luas hingga keluar Negeri,” Harap Vinsen. (Adv)

Reporter : Afwan Zaid Husein    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0