21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Warga Samarinda Merasa Tenang Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan


Warga Samarinda Merasa Tenang Terdaftar Sebagai Peserta BPJS Kesehatan
Pendaftar BPJS Kesehatan di stand BPJS Kesehatan Samarinda saat pameran Kesehatan yang berlangsung di Mal Plaza Mulia Samarinda, Selasa 14 November 2017 (Foto: KLIKSAMARINDA)

KLIKSAMARINDA.COM - Semakin hari semakin banyak masyarakat yang menyadari pentingnya terdaftar dalam program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan. Di era Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS), banyak warga yang telah merasakan manfaat program ini.

Terbukti dengan makin banyaknya masyarakat yang mengakses layanan kesehatan, baik untuk berobat maupun sekedar mengecek kesehatannya. Pasalnya, selain BPJS Kesehatan ditujukan untuk memberikan jaminan layanan kesehatan bagi masyarakat Indonesia, letak kemuliaan program ini adalah mereka yang mampu membantu yang kurang mampu dan sehat membantu yang sakit.

Salah satunya ialah Reza Kusuma Atmaja. Warga Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) yang mulai mendaftarkan dirinya menjadi peserta JKN.

"Keluarga saya telah merasakan manfaat Program Jaminan Kesehatan ini. Mereka mampu mendapatkan Jaminan Kesehatan ketika masuk ke RS, rawat inap tanpa mengeluarkan biaya sepeser pun sesuai dengan hak kelas rawat yang dipilih. Karena itu saya ikut daftar," tutur Reza kepada KlikSamarinda, Selasa 14 November 2017.

Selain merupakan kewajiban, terdaftar di BPJS Kesehatan juga menciptakan ketenangan soal kesehatan. Melalui konsep dokter keluarga, badan ini juga mampu melakukan edukasi kesehatan kepada masyarakat secara lebih lebih intensif sebagai bagian dari upaya promotif dan preventif.

Dari pengalaman tersebut, ia pun berinisiatif mendaftarkan anggota keluarga lainnya menjadi peserta JKN-KIS sebelum sakit. Menurutnya, masyarakat harus tahu bahwa kartu JKN-KIS itu banyak kegunaannya, terlebih jika membutuhkan pengobatan dalam kondisi mendesak.

Lebih lanjut, ia mengharapkan agar BPJS Kesehatan terus memperbaiki kinerja dan melakukan inovasi atau terobosan guna meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

"Merasa aman jika sudah jadi peserta BPJS Kesehatan. Jika sewaktu-waktu sakit, ngerasa tenang jika sudah terdaftar," ugkapnya.

Humas BPJS Kesehatan Kantor Cabang Utama Samarinda, Binsar Nainggolan juga menuturkan, berbagai inovasi terus dilakukan demi tercovernya masyarakat Indonesia khususnya Kota Tepian di jaminan kesehatan. Salah satunya ialah, membuka stand pendaftaran di tempat publik.

Selain mempermudah penyebaran informasi, hal ini juga ditempuh untuk mempermudah masyarakat dalam mendaftar.

"Beberapa kegiatan rutin dilakukan dalam rangka menginformasikan kepada masyarakat tentang keuntungan terdaftar menjadi peserta JKN," katanya. (Adv)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0