24 Juni 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Festival Mahakam 2017, Ritual Hudoq Kawit di Depan Kantor Gubernur Kaltim


Festival Mahakam 2017, Ritual Hudoq Kawit  di Depan Kantor Gubernur Kaltim
Tarian Hudoq Kawit Festival Mahakam 2017 di halaman Kantor Gubernur Kaltim Jalan Gajah Mada Samarinda, Minggu 5 November 2017 (Foto: Dokumentasi)

KLIKSAMARINDA.COM - Ratusan Hudoq yang berasal dari berbagai kesenian masyarakat adat dayak se-Kalimantan Timur (Kaltim) memenuhi halaman utama Kantor Gubernur Jalan Gajah Mada, Samarinda, Minggu 5 November 2017. Tarian ini diperankan oleh ratusan masyarakat adat Dayak Bahau se-Kaltim dan diikuti oleh lebih dari 1000 orang yang berpartisipasi.

/images/img_galeri/561 Hudoq Kawit 4.jpg

Mereka menggunakan pakaiaan yang didesain dari potongan daun pisang dan topeng kemudian menggoyang-goyangkan sekujur tubuhnya mengelilingi Kantor Gubernur.

Walikota Samarinda, Syaharie Jaang memimpin langsung pelaksanaan upacara adat Hudoq Kawit. Usai prosesi, Jaang mengatakan upacara tersebut adalah penyambutan sukacita yang digambarkan dalam bentuk tarian.

Tarian Hudoq, imbuh Jaang, menggambarkan jalinan silaturahmi yang erat agar tanaman penanaman padi penuh keberkahan.

/images/img_galeri/81 Hudoq Kawit 3.jpg

"Ini acara karena acara hudoq ini tidak banyak dilakukan oleh etnis Dayak. Tapi bagi Dayak Bahau dan ini dilakukan setelah panen padi. Ugal padi harapan kita supaya diberikan kemakmuran, diberikan hasil panen yang baik bagi masyarakat kita yang bercocock tanam dan juga dijauhkan dari mara bahaya," ujar Jaang.

Kepala Dinas Pariwisata Samarinda, Muhammad Faisal mengatakan, upacara tersebut mengajarkan nilai yang terlupakan yaitu bagaimana meminta izin terlebih dahulu sebelum melakukan sesuatu, menghargai alam dan pencipta, hutan, perladangan, dan kehidupan masyarakat Dayak Bahau serta eksistensinya.

Menurut Faisal, tarian Hudoq Kawit juga merupakan refleksi dari tradisi dan melestarikan budaya. Tarian Hudoq Kawit akan ditampilkan pada Festival Mahakam dengan jumlah seribu hudoq. Tujuannya mengimbangi arus modernisasi dengan kearifan lokal. Salah satunya melalui upacara adat.

/images/img_galeri/471 Hudoq Kawit.jpg

"Dengan ini tentu saja mengangkat kekuatan budaya yang asli sehingga di Festival Mahakam ada budaya yang asli dan sudah dikreasikan. Apalagi ada hudoqnya yang memang asli. Hari ini kita melihat upacara Hudoq asli yang menampilkan Hudoq Kawit, merupakan upacara adat memperlihatkan kegembiraan, sebuah kegembiraan keberhasilan kemarin dan akan datang," ujar Faisal.

Ritual hudog kawit sudah rutin dilaksnakana di Kaltim. Dalam Festival Mahakam, ritual Hudoq Kawit telah 6 kali dilaksanakan secara beruntun saat perayaan.

/images/img_album/281 Hudoq Kawit 2.jpg

Hudoq merupakan penggambaran sosok para dewa yang menjawab doa-doa manusia. Biasanya upacara tarian Hudoq bermaksud mendatangkan kebaikan dan kesejahteraan saat menugal (menanam) padi. (Adv)

Reporter : M4N    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0