25 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Rembuk Nasional Kehutanan Di Unmul, Bahas 4 Masalah Krusial


Rembuk Nasional Kehutanan Di Unmul, Bahas 4 Masalah Krusial
Rembuk Nasional 2017 memperjuankan masa depan lingkungan hidup dan kehutanan di Fakultas Kehutanan Unmul Samarinda, Rabu 11 Oktober 2017

KLIKSAMARINDA.COM – Universitas Mulawarman, Samarinda menjadi tuan rumah Rembuk Nasional 2017 dengan topik "memperjuankan masa depan lingkungan hidup dan kehutanan yang lebih baik."

Pembukaan Rembuk Daerah ke-12 di Aula Fakuktas Kehutanan Universitas Mulawarman, Samarinda Rembuk Nasional 2017 dalam rangka 3 tahun kinerja Pemerintahan Jokowi-JK di Unmul bersama Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. H. Masjaya, MSi.

Ketua Rembuk Nasional, Firdaus Ali menjelaskan jika rembuk ini diadakan berdasarkan permintaan Presiden untuk menjadi telaah tiga tahun pemerintahan Joko Widodo-Jusuf Kalla. Tujuannya untuk mengkritisi janji politik yang tertuang dalam RPJMN.

"Ini akan menjadi masukan kepada Presiden sebagai bahan perbaikan kinerja. Jika ada pencapaian kinerja-kinerja harap diungkapkan terbuka untuk membangun optimisme bersama bukan untuk pencitraan,” ujarnya, Rabu 11 Oktober 2017.

Terdapat 12 orang narasumber dalam rembuk ini. Mereka berasal dari pemerintah pusat, pemerintah daerah, akademisi, dan mitra pembangunan di Kaltim yang mengkontribusikan pengetahuan dan pengalamannya dalam bidang lingkungan hidup dan kehutanan.

Rembuk Nasional Bidang 8 ini diikuti sekitar 200 peserta dari berbagai kalangan. Rembuk ini mendiskusikan aspirasi dan gagasan dengan empat topik utama, yaitu konflik kehutanan, kerusakan lingkungan dan masyarakat tempatan/adat.

Kemudian diskusi terkait aksi mitigasi dan adaptasi perubahan iklim dalam pemenuhan kontribusi nasional dalam penurunan emisi gas rumah kaca (nationally determined contributions), bisnis masa depan kehutanan, dan penguatan kesatuan pengelolaan hutan.

Rembuk Nasional ini dilaksanakan terpisah pada 16 perguruan tinggi yang ada di Indonesia, salah satunya Universitas Mulwarman. (*)

Reporter : Ambarwati    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0