21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Hore, Daftar JKN-KIS Makin Mudah, BPJS Sasar Peserta Mandiri


Hore, Daftar JKN-KIS Makin Mudah, BPJS Sasar Peserta Mandiri
Sosialisasikan proses pendaftaran secara mandiri program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) BPJS Kesehatan Cabang Samarinda di Kelurahan Bangun Rejo, Kabupaten Kutai Kartanegara, 28 September 2017. (Foto: Dokumentasi BPJS Samarinda)

KLIKSAMARINDA.COM - BPJS Kesehatan Cabang Samarinda terus berupaya meningkatkan jumlah kepesertaannya bagi seluruh masyarakat yang berada di wilayah kerjanya. BPJS Samarinda saat ini meliputi wilayah kerja di Kota Samarinda, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kabupaten Kutai Timur, Kota Bontang, Kabupaten Kutai Barat, dan Kabupaten Mahakam Ulu.

Nah, BPJS Kesehatan Cabang Samarinda kali ini menyasar masyarakat di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara, tepatnya di Kelurahan Bangun Rejo. 28 September 2017 lalu. Di wilayah ini, BPJS menyosialisasikan proses pendaftaran secara mandiri program Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

“BPJS Kesehatan Cabang Samarinda akan terus melakukan sosialisasi program JKN-KIS kepada seluruh masyarakat di wilayah kerja kami terkhususnya terkait pendaftaran secara mandiri yaitu mendaftarkan diri sendiri beserta seluruh anggota keluarga yang tertera di kartu keluarga. Untuk di Kabupaten Kutai Kartanegara akan dilakukan secara rutin terkait sosialisasi pendaftaran secara mandiri di seluruh desa dan kelurahan yang ada. Karena jumlah masyarakat yang terdaftar menjadi peserta JKN-KIS masih tergolong kecil di Kabupaten Kutai Kartanegara, yaitu sebesar 48% dari total jumlah penduduknya”, ujar Staf Komunikasi Publik BPJS Kesehatan Cabang Samarinda, Binsar P. Nainggolan.

Sosialisasi program JKN-KIS di Kelurahan Bangun Rejo ini dilaksanakan di Balai Desa Bangun Rejo oleh Tim PPK (Perluasan Peserta dan Kepatuhan) BPJS Kesehatan Cabang Samarinda yaitu Eresti Novia dan Devia. Sebanyak 100 lebih warga dari Kelurahan Bangun Rejo hadir mengikuti sosialisasi yang diberikan oleh Tim PPK BPJS Kesehatan cabang Samarinda tersebut.

Ikut hadir juga Kepala Lurah Bangun Rejo, Staf Kelurahan Bangun Rejo dan Ketua RT yang ikut hadir di kegiatan sosialisasi tersebut. Yunus selaku Kepala Lurah Bangun Rejo mengungkapkan apresiasi terhadap Program BPJS ini.

"Kami menyambut positif kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan oleh BPJS Kesehatan Cabang Samarinda ini dalam memberitahukan proses pendaftaran peserta program JKN-KIS bagi warga kami di Kelurahan Bangun Rejo, Kutai Kartanegara. Masyarakat kami sangat senang dapat melakukan pendaftaran secara langsung melalui sosialisasi ini karena tidak harus pergi jauh ke kantor BPJS Kesehatan untuk melakukan pendaftaran. Saya berharap semua masyarakat di Kelurahan Bangun Rejo dapat mendaftarkan diri beserta keluarganya menjadi peserta JKN-KIS, karena selain mendapatkan Jaminan Kesehatan ketika sakit, masyarakat juga ikut ambil bagian dalam bergotong royong membantu sesama yang sedang sakit dan membutuhkan bantuan biaya pengobatan. Terimakasih BPJS Kesehatan,” ujar Yunus.

Sebanyak 265 berkas diterima oleh Tim PPK BPJS Kesehatan Cabang Samarinda pada saat membuka sesi pendaftaran bagi masyarakat yang mendaftar sebagai peserta JKN-KIS. Pendaftaran ini cukup melampirkan fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP, fotokopi buku rekening tabungan (BNI,BRI,BTN atau Mandiri) dan mengisi daftar isian peserta (Identitas diri, kelas rawat inap, fasilitas kesehatan tingkat pertama, alamat tempat tinggal dan nomor handphone) yang disediakan Tim PPK. Setelah itu, masyarakat dapat mendaftarkan diri menjadi peserta JKN-KIS secara mandiri.

“Pendaftaran menjadi peserta Program JKN-KIS sangat mudah, karena sekarang tidak hanya mendaftar melalui Kantor BPJS Kesehatan terdekat kini juga dapat mendaftar di setiap Kecamatan, Kelurahan dengan melampirkan fotokopi kartu keluarga, fotokopi KTP, dan mengisi daftar isian peserta. Serta kini pendaftaran jauh lebih mudah melalui website BPJS Kesehatan di www.bpjs-kesehatan.go.id, aplikasi di android JKN Mobile dan telepon care center 1500400. Kami senantiasa juga mengingatkan bahwa peserta yang telah terdaftar menjadi Peserta JKN-KIS untuk selalu membayar iuran tepat waktu sebelum tanggal 10 setiap bulannnya,” ujar Binsar. (Adv)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARINDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0