25 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ini Dia Keuntungan Kurikulum Dual System Ala Jokowi Bagi Polnes


Ini Dia Keuntungan Kurikulum Dual System Ala Jokowi Bagi Polnes
(Foto: Klik Samarinda)

KLIKSAMARINDA.COM - Alumni Politeknik Negeri Samarinda boleh dibilang punya peluang bekerja lebih besar di dunia industri. Selama 6 bulan pasca lulus, Polnes melakukan monitoring penuh terhadap sarjana-sarjana mereka yang telah masuk di sejumlah perusahaan. Presentase keberhasilannya sendiri mencapai 80 persen dari tenggat waktu 6 bulan yang ditetapkan.

Direktur Polnes, Ir. Ibayasid, M.Sc, menyebut Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi bertajuk Kurikulum Dual System ini tak sekadar meningkatkan grade Polnes. Tetapi juga meningkatkan jaminan mutu lulusan yang bisa diterima di pelbagai perusahaan.

"Semakin banyaknya persaingan dengan perguruan tinggi lain, dan semakin ketatnya persaingan untuk mendapat pekerjaan, maka Polnes harus punya kelebihan lain. Apa itu? Ya mereka (lulusan, Red.) sudah biasa dengan atmosfer industri, termasuk praktik dan teknisnya di tempat kerja," katanya, saat diwawancara Klik Samarinda, Rabu 6 September sekira pukul 09.30 Wita tadi di Hotel Amaris, Samarinda.

Sementara itu, menanggapi persepsi masyarakat yang menyebut lulusan Diploma 3 (D III) Polnes yang tak jauh berbeda dengan lulusan Sekolah Menengah Kejuruan, Ibayasid menegaskan ada perbedaan yang signifikan diantara lulusan keduanya.

"Di Polnes, kemampuan mahasiswa dalam bidang-bidang yang mereka tempuh selama kuliah lebih detail praktik dan teknisnya. Misalnya untuk Prodi (Program Studi, Red.) Teknik Alat Berat. Kalau di SMK hanya sebatas operator, lulusan kami sudah mampu dalam urusan maintenance. Jadi tidak melulu pada praktik mengoperasikan alatnya saja," tukasnya.

Hingga berita ini diturunkan, Program Revitalisasi Pendidikan Tinggi Vokasi bertajuk Kurikulum Dual System ini masih berlangsung di Hotel Amaris, Samarinda. (adv)

 

Reporter : Fai    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0