25 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Kemenristekdikti Rilis Ranking Universitas dan Politeknik Se-Indonesia, Unmul dan Polnes?


Kemenristekdikti Rilis Ranking Universitas dan Politeknik Se-Indonesia, Unmul dan Polnes?
Ilustrasi

KLIKSAMARINDA.COM - Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) kembali merilis 100 Besar Perguruan Tinggi non Politeknik dan 25 Besar Perguruan Tinggi Politeknik di Indonesia. Rilis resmi terbit pada Senin 21 Agustus 2017.

Kemenristekdikti merilis urut-urutan ini sebagai upaya memetakan mutu dan potensi perguruan tinggi di Indonesia. Dalam penilaiannya, mutu pendidikan itu berdasarkan empat komponen.

Antara lain: kualitas Sumber Daya Manusia (SDM), kualitas kelembagaan; kualitas kegiatan kemahasiswaan serta kualitas penelitian dan publikasi ilmiah.

“Daftar klasterisasi perguruan tinggi ini merupakan data resmi dari Kemenristekdikti yang dapat digunakan sebagai informasi valid bagi masyarakat, jangan percaya data hoax yang tidak sesuai dengan daftar yang dikeluarkan Kementerian,” ujar Menristekdikti, Mohamad Nasir, melalui laman resmi Kemenristekdikti.

Pengelompokan/klasterisasi ini, imbuh Nasir, dilakukan dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi secara berkelanjutan dalam melaksanakan tridharma, termasuk di dalamnya kesehatan organisasi.

Dengan klasterisasi, kata dia, pihaknya dapat menyusun formula yang tepat dalam melakukan pembinaan perguruan tinggi di Indonesia.

“Klasterisasi ini juga dapat digunakan setiap perguruan tinggi sebagai refleksi dan motivasi bagi peningkatan kualitas perguruan tingginya, baik dari segi kualitas Sumber Daya Manusia, kurikulum, manajemen organisasi, riset, publikasi, pengabdian kepada masyarakat dan aspek lainnya,” imbuh Nasir.

Nah, bagaimana dengan perguruan tinggi negeri yang ada di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) seperti Universitas Mulawarman (Unmul) dan Politeknik Negeri Samarinda (Polnes)?



Reporter :     Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0