25 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Nahkoda Baru DLH Samarinda, Bakal Sebar 10 Ribu Selebaran Jaga Kebersihan


Nahkoda Baru DLH Samarinda, Bakal Sebar 10 Ribu Selebaran Jaga Kebersihan
Kepala Dinas Lingkungan Hidup Samarinda, Nurrahmani (kedua dari kiri) saat dilantik Walikota Samarinda (Foto: ISt)

KLIKSAMARINDA.COM - Nahkoda Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Samarinda, kini dijabat oleh Nurrahmani. Sebelumnya, Nurrahmani menjabat sebagai sekretaris, serta sempat ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) di DLH Samarinda.

Dalam mengawali programnya, Nurrahmani menuturkan, dirinya akan berfokus pada kawasan di Kota Tepian yang belum tersentuh petugas kebersihan.

"Tugas kami hanya pengelolaan sampah dan pembersihan lingkungan. Jadi, kami akan mencari tempat-tempat yang tidak tersentuh," kata mantan Camat Sungai Kunjang ini.

Kendati masih dalam tahap survei, ia juga tetap menekankan kepada masyarakat untuk tetap menjaga kebersihan sekitar rumah warga.

"Khususnya yang rumahnya dijadikan tempat usaha di pinggir jalan, agar benar-benar memperhatikan kebersihan di sekitarnya. Jangan sampai wajah depan rumah sama seperti di dapur," terangnya.

Ke depannya, selain DLH akan terjun langsung memantau sistem penyapuan dan pengangkutan sampah serta keadaan drainase sekali dalam dua minggu, DLH juga akan mencetak 10 ribu lembar selebaran.

"Jadi tidak ada alasan masyarakat mengatakan tidak tahu. Selain imbauan menjaga kebersihan, di selebaran itu juga akan diminta agar setiap pepohonan yang berada di pinggir jalan tidak asal ditempel-tempel, agar tidak merusak,” terangnya.

Di tengah keterbatasan dana, Nurrahma mengaku akan tetap berupaya menekankan bantuan dari program Corporate Social Responsibility (CSR). Tujuannya untuk meringankan beban dari dampak keterbatasan anggaran saat ini.

"Makanya dalam waktu dekat kami akan mendapat bantuan satu dump truck dari program CSR tersebut,” sebutnya.

Ia pun berharap, setiap masyarakat mampu bekerja sama dengan baik untuk menjaga kebersihan lingkungan. Pasalnya, walaupun petugas kebersihan DLH yang jumlahnya sekira 1.100 orang juga perlu dukungan masyarakat.

"Tapi percuma saja kalau masyarakat tidak mendukung. Kebersihan. Itu menjadi tanggung jawab bersama. Harapannya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan sekitarnya, bukan hanya tanggung jawab DLH saja," pungkas dia. (*)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARIDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0