18 Agustus 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Bocah Asal Samarinda Ini Jenius, Mampu Baca Peta Buta dan Hapal Ratusan Unsur Kimia


Bocah Asal Samarinda Ini Jenius, Mampu Baca Peta Buta dan Hapal Ratusan Unsur Kimia
Kiyoshi Natanael Yohansyah

KLIKSAMARINDA.COM - Namanya Kiyoshi Natanael Yohansyah. Ia masih belia, baru berusia lima tahun. Tetapi, bocah asal Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) ini telah memiliki kemampuan unik dan dianggap jenius.

Ya, siapa sangka jika kemampuan Kiyoshi yang baru berusia lima tahun mampu mengharumkan nama daerah juga bangsa dan negara. Ia memecahkan rekor dunia MURI sebagai pembaca peta buta termuda dan terlengkap di dunia.

Kiyoshi mampu menghafal letak geografis, ibukota dan bendera seluruh negara di dunia. Atas kecerdasannya ini, Kiyoshi ditetapkan oleh Ketua Umum MURI Jaya Suprana sebagai pemegang rekor pembaca peta buta termuda dan tercepat oleh Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).

Sang ayah, Edy Yohansyah, menyatakan, jika Kiyoshi mempelajari kemampuannya dari awal secara otodidak.

"Dia sebetulnya belajarnya otodidak. Jadi dia belajar sendiri. Separo negara dia belajar sendiri, baru setelah itu saya bimbing dia," ujar Edy.

Bocah asal Samarinda ini juga sudah mampu menghafal, menulis, hingga menentukan letak 118 unsur kimia pada tabel periodik kosong serta menyebutkan nomor atom secara acak.

Atas bakat dan kecerdasannya ini, Kiyoshi mendapat piagam penghargaan dari Lembaga Prestasi Rekor Indonesia-Dunia atau Leprid.

Kegiatan mempelajari unsur kimia dilakukan Kiyoshi dengan rajin dan senang hati.

Menurut orangtuanya, Kiyoshi gemar menghafal nama negara sejak usia 1 tahun.

Sementara, Kiyoshi mengenal unsur-unsur kimia sejak umur 4 tahun.

Di usianya kini, Kiyoshi juga punya cita-cita. Ia berharap menjadi astronot dan bisa berkunjung ke Amerika Serikat suatu hari nanti. (*)

Reporter : Jante    Editor : Dwi Hendro B



Comments

comments


Komentar: 0