17 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Rita Widyasari Yakin Daerah Bisa Survive Dengan Pariwisata


Rita Widyasari Yakin Daerah Bisa Survive Dengan Pariwisata
Bupati Kukar, Rita Widyasari (Foto: Dokumentasi)

KLIKSAMARINDA.COM - Kekayaan alam di daerah, seperti minyak, gas, dan batubara, banyak menopang penghasilan asli daerah. Seperti di Kutai Kartanegara (Kukar), Kalimantan Timur (Kaltim).

Pun, dua tahun terakhir, badai defisit menerpa pemerintahan di daerah. Kondisi ini membuat setiap daerah mengencangkan ikat pinggang untuk pembiayaan pembangunan sekaligus mencari cara untuk tetap berdaya membangun daerah.

Satu sektor diyakini berpotensi memberikan sumbangsih di wilayah yang dipimpin Bupati Rita Widyasari ini. Sektor itu adalah sektor pariwisata.

Bupati Kukar, Rita Widyasari, Rita sudah lama mencanangkan pariwisata dan agrikultur sebagai penopang ekonomi Kukar. Sektor ini menggantikan pemasukan dari tambang yang semakin anjlok karena kehilangan pamor.

Rita bertekad mengubah struktur ekonomi yang tadinya bergantung dari dana bagi hasil tambang beralih ke pariwisata dan pertanian dalam arti luas (perkebunan, peternakan dan perikanan).

Strateginya, Rita langsung melibatkan kesultanan Kutai dan perusahaan-perusahaan tambang dan swasta lainnya. Setelah itu, Pemerintah Kabupaten Kukar mendorong partisipasi aktif warganya dengan pemberian latihan keterampilan dan bantuan untuk Usaha Kecil Menengah.

Sisi pemberdayaan masyarakat itu mulai terbukti dari kesukarelaan organisasi-organisasi masyarakat di Kukar melakukan kegiatan bersih kota menjelang pelaksanaan Erau.

Festival Internasional Erau,yang berlangsung akhir bulan Juli 2017 lalu, misal, menjadi magnet wisatawan yang paling ampuh. Tahun lalu, jumlah wisatawan yang datang ke festival itu mencapai 120 ribu orang, melampaui target 70 ribu pengunjung. Target tahun ini mencapai 100 ribu pengunjung

Pada 2015, Kukar menjadi penyumbang tertinggi jumlah wisatawan di Kaltim. Sekarang, Kukar berada di urutan dua setelah kawasan Derawan di Kabupaten Berau.

"Saya lahir di sini (Tenggarong), saya melihat keindahan alamnya masih banyak belum terekspos. Dan saya sadari Kukar tidak bisa terus bergantung pada sumber alam tak terbarukan. Dengan pariwisata dan budaya, kita bisa survive," tegas Ketua DPD Gokar Kaltim ini seperti dikutip KlikSamarinda dari laman online nasional. (*)

Reporter :     Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0