23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Gerak Gerik DPRD Kaltim Diawasi KPK, Ada Apa?


Gerak Gerik DPRD Kaltim Diawasi KPK, Ada Apa?
KPK RI saat berada diDPRD Kaltim, Kamis 15 Juni 2017 (Foto: KLIKSAMARINDA.COM)

KLIKSAMARINDA.COM - Menilai besarnya peluang penyalahgunaan wewenang di lingkungan DRPD Kaltim, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mulai mensurvei kinerja perwakilan rakyat itu periode bulan akhir tahun 2017 ini.

Hal itu dijelaskan Fungsional Litbang, Wahyu Dewantara saat berada di Karang Paci, Kamis 15 Juni 2017 lalu. Kendati saat ini masih melakukan survei saja, bukan tidak mungkin bila suatu saat pihaknya menemukan unsur korupsi, mereka yang terbukti bakal diproses secara hukum.

"Bukan hanya peran KPK untuk memberantas korupsi. Namun juga masyarakat, pengadilan ,dan kepolisian, saat ini kami menjalankan kerjasama bersama," terang Wahyu Dewatara.

Seperti diketahui, alat kelengkapan dewan (AKD) di posisi komisi telah berubah usai negosiasi yang berjalan alot sebelumnya.

Sebab, kata Wahyu, transaksional dalam mutasi kerap dijadikan komoditi jualan dan menepiskan bibit, bobot, bebet anggota dewan yang akan menjadi perwakilan rakyat selama kurun waktu dua tahun mendatang.

"Transaksi mutasi juga menjadi perhatian kami, karena hal tersebut rawan penyalahgunaan wewenang dan masuk dalam konten korupsi," ucap Wahyu.

Bak dua mata koin yang sama, DPRD dan Pemerintah Provinsi Kaltim tak luput dari pengawasan lembaga sipil penegak hukum itu. Kendati begitu, BPK memberikan penilaian positif.

"Pemerintah Daerah juga kita survei juga karena masih dalam lingkup kerjasama bersama," imbuhnya. (*)




Comments

comments


Komentar: 0