23 September 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Waduh, Museum Samarendah Terancam Batal Terwujud di 2017


Waduh, Museum Samarendah Terancam Batal Terwujud di 2017
Museum Samarendah dalam gambar

KLIKSAMARINDA.COM - Target pendapatan asli daerah (PAD) Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2017 tak tercapai. Yakni, dari target Rp427 miliar, baru terealisasi Rp154 miliar.

Akibatnya, beberapa organisasi perangkat daerah (OPD) harus mengurungkan niat untuk mengajukan tambahan anggaran dalam pembahasan APBD Perubahan.

Hal ini terungkap berdasarkan laporan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Samarinda kepada Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

Padahal, beberapa OPD justru sangat berharap dalam APBD perubahan mendapatkan tambahan anggaran untuk menunjang kegiatannya.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Samarinda, Asli Nuryadin.

Contohnya di Disperkim (Dinas Perumahan dan Pemukiman) yang mengajukan untuk lanjutan pembangunan museum Samarendah. Ada Bidang Sumber Daya Air dari Dinas PUPR (Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang).

Belum lagi, lanjut Asli, juga dari Diskominfo yang sangat getol menginginkan terwujudnya Smart City.

"Tiga OPD itu yang paling besar. Yang lainnya juga ada hanya mencapai ratusan juta saja," ungkap Asli.

Menghadapi itu, sebagai pemegang kuasa dapur Pemkot Samarinda, Asli berupaya untuk menstabilkan kondisi keuangan Pemkot Samarinda yang masih kurang mencapai target dalam pemenuhan PAD.

Asli menuturkan, pihaknya bakal merancang kegiatan yang disesuaikan dengan bugdet yang ada.

"Sehingga tidak semua keingian setiap OPD bisa terwujud. Karena kita harus merasionalkan anggaran dan kegiatan. Bisa jadi ada pergeseran anggaran, bukan pergeseran kegiatan," sebutnya. (*)

Reporter : NR Syaian/KLIKSAMARIDA.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0