21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Q & A Bersama Gituen Miracline Samantha


Q & A Bersama Gituen Miracline Samantha
Gituen Miracline Samantha. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA.COM - Ceritakan tentang siapa kamu?

Saya lahir di Papua Nabire, 10 Mei 1992. Saat itu ayah saya yang adalah seorang pilot sedang bertugas di Papua. Ayah saya bersuku Dayak asli dan almarhumah ibu saya bersuku Sangir Talaud dari Sulawesi Utara. Saya memiliki tiga adik kandung. Satu adik perempuan dan dua adik laki-laki. Tahun 1997 saya dan keluarga pindah ke Kalimantan, kampung halaman ayah saya. Kemudian saya mulai bersekolah di Kalimantan Timur sampai 2010. Saya merantau ke Jakarta untuk mengemban ilmu di Universitas Kristen Krida Wacana fakultas kedokteran. Saya mendapat gelar S1 di tahun 2014 dan gelar dokter di tahun 2016. Setelah lulus menjadi dokter, sekarang saya sedang menjalankan program pemerintah (dokter internship) dan ditugaskan di salahsatu rumah sakit di Kota Balikpapan. Kegiatan saya sehari-hari dihabiskan lebih banyak di rumah sakit dan melayani masyarakat di bidang kesehatan.

Apa 5 prestasi terbaik kamu?

Tim Samarinda Basket Kejurda Kalimantan Timur 2006, Best Catwalk Duta Narkoba Tingkat Provinsi 2008, Juara III news reading Tingkat Kota 2009, Finalis (10 besar) Gading Model Search 2012, Lulus profesi dokter dengan predikat sangat memuaskan.

Jika IP mempunyai uang Rp 100 ribu dan akan mencicipi kuliner enak di daerah kamu (makanan atau minuman), kamu akan mengajak IP mencicipi apa dan di mana dengan uang sebesar itu? Jelaskan kenapa kamu memilih pilihan itu.

Dengan uang Rp 100 ribu jika ke daerah Balikpapan bisa ke daerah Melawai di pinggir pantai sambil melihat pemandangan pantai sore. Di sana ada berbagai macam kuliner dengan harga terjangkau. Tetapi ada satu yang sering dicari saat ada di sana, bentuknya seperti pentol atau sering juga disebut cilok. Tetapi di sana disebut dengan salome, dimakan dengan bumbu kacang.

Apa mimpi terbesar kamu? Dan apa rencana yang akan kamu lakukan dalam 5 tahun kedepan untuk mewujudkan cita-cita kamu?

Mimpi terbesar saya sejak awal saya memasuki dunia kedokteran yaitu saya ingin mendirikan tempat pelayanan kesehatan bagi orang yang benar-benar tidak mampu berobat ke fasilitas kesehatan dikarenakan masalah biaya datang ke sana untuk dapat ditolong. Lima tahun ke depan saya akan bersekolah lagi untuk mendapat gelar s2 untuk menjadi spesialis anestesi dimana pendidikan harus dijalani selama 4 tahun. Karena untuk membantu orang lain, saya rasa saya harus memiliki pengetahuan yang cukup dan menjadi orang yang sukses.

Pengalaman paling lucu atau mengharukan yang pernah kamu alami?

Berhubungan dengan profesi saya, saya sering dihadapkan dengan keadaan mengharukan. Saat ada pasien sakit yang keadaannya dalam sakit berat, atau saat pasien ada yang dipanggil Tuhan. Rasa haru saya muncul melihat keluarga yang ditinggalkan, berbagai respon dari setiap keluarga maupun setiap individu. Ada keluarga yang sudah berlapang dada karena merasa memang penyakit yang diderita memang sudah lama dan menyiksa pasien, ada yang barusan beraktivitas biasa tapi kemudian tiba-tiba meninggal karena kecelakaan atau terkena serangan jantung mendadak sehingga keluarga yang ditinggalkan pun merasakan sedih yang lebih mendalam. Rasa haru itu membuat saya lebih menghargai kehidupan dan lebih lagi menghargai waktu bersema keluarga dan mencintai keluarga saya.

 

Fun Facts about Gituen

Makanan Favorit: Nasi goreng, bakso, chocolate
Minuman Favorit: Air mineral, kopi
Bintang Film Favorit: Anne Hathaway, Meryl streep, Dian Sastrowardoyo
Film Favorit: Flipped, Begin again, My name is Khan, Interstellar
Lagu Favorit: Gone to soon (Michael Jackson, Helo(Beyonce), Let me be (Raisa)
Penyanyi Favorit : Beyonce Knowles, Raisa Andriana
Hobi: Menyanyi, bermain musik, basket, travelling

Reporter : Kim    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0