11 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Kepala Disnaker Samarinda: Pencari Kerja Minim Ide Untuk Berusaha


Kepala Disnaker Samarinda: Pencari Kerja Minim Ide Untuk Berusaha
Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Samarinda, Erham Yusuf (Foto: KLIKSAMARINDA.COM)

KLIKSAMARINDA.COM - Peningkatan angka pengangguran di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim), menurut Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Kota Samarinda, Erham Yusuf, tak hanya dipengaruhi kondisi ekonomi lemah yang dihadapi.

Erham menuturkan, terkadang pengangguran ini ada bukan karena tidak adanya lapangan pekerjaan. Namun, lebih kepada kurangnya kemauan untuk bekerja. Menurut Erham, pekerjaan itu tidak semata-mata hanya menjadi buruh di perusahaan.

"Jika hanya mengharapkan investasi, itu sangat ditentukan oleh pertumbuhan ekonomi. Jika sekarang ini, jangankan kita mencari pekerjaan saja sulit, malah yang ada pengurangan pekerja," katanya kepada KlikSamarinda, Senin 1 Mei 2017.

Menurut Erham, peluang dalam berwirausaha terbuka lebar. Belum lagi, Samarinda juga memiliki SDA yang dapat menjadi sebuah ide untuk membuka lahan bisnis.

"Padahal, mereka bisa memulai usaha. Selama ini, menjadi entrepreneur dianggap menyusahkan. Pekerjaan juga ada di sektor pertanian. Jika kita lihat sumber daya alam, itu sangat melimpah ruah," jelasnya.

Saat ini, lanjutnya, banyak peluang usaha yang terbuka. Termasuk trend sektor usaha kuliner.

"Lihat saja di Facebook. Itu, kan juga alternative bagi masyarakat," tukasnya.

Pihaknya akan mendorong warga Kota Tepian agar lebih produktif. Upaya ini untuk mendorong masyarakat agar berkarya dan bekerja.

Erham juga mengaku telah membangun komunikasi dengan Badan Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Samarinda dalam upaya memotivasi masyarakat untuk memanfaatkan SDA yang dimiliki untuk lahan pekerjaan.

"Saya pikir menanam lombok satu biji pun berarti secara ekonomi keluarga," tandasnya. (*)

Reporter : NR Syaian    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0