11 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Target Penuhi Kebutuhan Rakyat, Yusran bidik Anggaran Pusat


Target Penuhi Kebutuhan Rakyat, Yusran bidik Anggaran Pusat
Bupati Penajam Paser Utara saat meninjau pembangunan Bendungan Lawe-Lawe (Foto:Istimewa)

KLIKSAMARINDA.COM - Pemerintah Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU), harapkan bantuan kucuran dana dari pemerintah pusat. Hal ini mengingat kondisi keuangan daerah yang tengah mengalami defisit, sehingga tak memungkinkan bagi pemerintah untuk menyelesaikan pembangunan bendungan dalam waktu dekat.

Salah satunya untuk menyelesaikan pembangunan Bendungan Lawe-lawe, sebagai sumber air baku utama produksi PDAM. 

Sementara pemenuhan kebutuhan pasokan air bagi masyarakat di wilayah PPU, terutama bagi yang belum sekalipun tersentuh pelayanan air bersih, dinilai Bupati Yusran Aspar, sebagai salah satu hal yang bersifat mendesak dan perlu segera untuk dipenuhi.

Menurutnya, keberadaan bendungan Lawe-lawe akan menjadi sumber utama air baku, dengan diyakini mampu memenuhi kapasitas 600 liter perdetik. Apalagi, kebutuhan air baku dari sungai yang ada di PPU tak kunjung bisa dimaksimalkan untuk produksi air bersih PDAM.

"Adanya bendungan akan sangat membantu penyediaan air baku untuk produksi PDAM dalam memenuhi kebutuhan masyarakat," ujarnya.

Bahkan dalam upaya mengharap bantuan pemerintah pusat untuk pembangunan bendungan tersebut, Yusran pun mengaku telah meminta Dinas Pekerjaan Umum (DPU) PPU, untuk menyusun proposal yang akan diajukan pemerintah melalui Kementerian Pekerjaan Umum.

"Semoga nanti anggaran pusat bisa membantu penyelesaian pembangunan bendungan. Sebab sudah menjadi keharusan bagi pemerintah pusat untuk membantu pembangunan di daerah," tambahnya.

Selain itu, guna menunjang bendungan nantinya, WTP Lawe-lawe dengan kapasitas 200 liter perdetik pun diharap Yusran bisa diselesaikan melalui Kementerian PU, termasuk pemasangan pipa jaringan distribusi air bersih dari PDAM kepada masyarakat.

"Sebab penyelesaian permasalahan air bersih ini salah satu hal yang difokuskan pemerintah. Sehingga bisa segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," pungkasnya.(*)

 
Reporter : Edwin Irawan/KLIKPENAJAM.COM    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0