25 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

RSHD Samarinda Layani Operasi Celah Bibir Gratis untuk Warga Tidak Mampu


RSHD Samarinda Layani Operasi Celah Bibir Gratis untuk Warga Tidak Mampu
Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) Samarinda

KLIKSAMARINDA.COM – Sebagai wujud rasa kepedulian kepada sesama, Rumah Sakit Haji Darjad (RSHD) Samarinda yang beroperasi di Jalan Dahlia, Kelurahan Bugis, Kecamatan Samarinda Kota, Kalimantan Timur (Kaltim), memberikan layanan gratis kepada warga kurang mampu yang mengalami kekurangan fisik celah bibir atau bibir sumbing.

Celah bibir merupakan cacat akibat kelainan deformitas kongenital yang disebabkan kelainan perkembangan wajah selama gestasi. Sumbing dapat terjadi pada bibir langit-langit mulut (palatum), ataupun pada keduanya.

Sumbing pada bibir disebut cheiloschisis sedangkan sumbing pada langit-langit mulut disebut palatoschisis.

"Penanganan sumbing dengan cara operasi dengan memperbaiki jaringan untuk menutup celah pasien yang menderita," ujar drg Abdul Mu'in Sp. BM kepada KlikSamarinda.

Apabila bayi mengalami celah pada bibir dan gusi, maka bayi tidak bisa menyusui karena bayi tidak memperoleh suction yang memadai untuk memeras susu dengan baik dan cairan akan memancar ke mana-mana.

Bahkan bisa sampai ke lubang hidung dan langit-langit mulut sehingga ini bisa membuat bayi tersedak. Tidak terpenuhinya kebutuhan ASI pada bayi akan mengakibatkan gangguan nutrisi.

Penyebab pasti dari bibir sumbing dan celah langit- langit belum dapat dipastikan. Namun, faktor genetik dan faktor lingkungan, kekurangan asupan nutrisi dan epilepsi, serta infeksi selama kehamilan diyakini berpengaruh terjadinya sumbing langit-langit.

Faktor Genetik sangat berperan dalam hal ini. Kasus bibir sumbing yang terjadi pada anak-anak 70 persen di antaranya kemungkinan berasal dari orangtua yang juga memiliki riwayat bibir sumbing.

“Operasi ini bisa mengembalikan bentuk wajah baru bagi pasien dan memberikan rasa kepercayaan baik anak-anak yang sedang tumbuh kembang maupun orang dewasa,” tambah dr. Mu’in sapaannya.

Terpisah, Manajer RSHD Samarinda, Rudi Setiawan mengatakan, operasi gratis tersebut diperuntukan bagi masyarakat umum yang tidak mampu. Program prioritas itu sudah berjalan selama lebih dari dua tahun dan banyak memberikan harapan baru yang lebih baik bagi mereka dalam menjalankan kehidupan sosial.

“Poli klinik dibuka dari hari Senin hingga Sabtu mulai pukul 08.00 – 14.00 Wita dan Jumat 08.00–10.00 WITA. Bagi pasien yang juga tidak mampu membayar obat pasca operasi dapat pula ditanggung oleh dokter yang bersangkutan sesuai ketentuan kebijakan,” imbuh Rudi sapaanya.

Info lebih lengkap, Anda bisa menghubungi nomro (0541) 732698. (Adv)

Reporter : Yoyok Sudarmanto    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0