10 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Para Endorsement Cantik Samarinda (1)


Para Endorsement Cantik Samarinda (1)
Citra Wulandari Putri Sunyata dan Keke Shabila Fitrianissa. (Foto: Instagram/Dok. pribadi Citra Wulandari Putri Sunyata)

DUNIA maya banyak mengubah hidup seseorang. Mereka yang sebelumnya tidak dikenal, mendadak jadi perhatian khalayak.

Simak bagaimana kisah Sinta-Jojo dan Briptu Norman yang viral lewat video Youtube, atau bagaimana Arief Muhammad a.k.a. Poconggg yang kondang lewat jutaan followers di Twitter, serta sederet nama lain.

Nah, kali ini, KlikSamarinda.com akan mengangkat kisah dua gadis cantik Bumi Mulawarman yang tenar lewat akun Instagram mereka. Keke Shabila Fitrianissa dan Citra Wulandari Putri Sunyata.

Menariknya --tak ada yang menyangka-- keduanya berasal dari “daerah pinggiran”. Keke, misalnya, tinggal di Kecamatan Sambutan, Samarinda. Sementara Citra Wulandari Putri Sunyata, berasal dari Kelurahan Api-Api, Kecamatan Bontang Utara, Bontang --kini menetap di Kota Tepian.

***

KEKE Shabila Fitrianissa a.k.a Keke, mulai menggunakan Instagram pada 2015. Ketertarikan gadis berparas cantik ini lantaran aplikasi sosial media tersebut tak sekadar bisa membuat caption, melainkan juga picture and video. (Klik juga: Para Endorsement Cantik Samarinda 2)

Perlahan, eksistensinya di linimasa menarik perhatian sebuah brand/produk kecantikan wajah. Inilah kali pertama siswi SMK Negeri 1 Samarinda itu mulai mengenal istilah endorse. “Itu rasanya awal 2016,” katanya, kepada KlikSamarinda.com.

Kini, setelah setahun berlalu, Keke mulai menata akun Instagram miliknya dengan lebih profesional. Semua brand/produk yang ingin di-endorse, diberi tarif khusus. “Semua itu tergantung sama postingan. Untuk jumlah ya minimal dua barang,” ujarnya.

Dalam seminggu, Keke kini bisa di-endorse 5 sampai 6 brand/produk. Income yang didapatkan juga terbilang lumayan untuk sorang siswi; Rp 500 ribu sampai Rp 650 ribu sebulan. Bagaimana Keke bisa melakukannya?

Ia menyatakan, proses kerjasama dengan brand/produk yang ingin di-endorse tersebut biasanya dilakukan dengan percakapan lebih dulu. Ketika sang calon klien setuju dengan tarif yang ditetapkan, maka langkah selanjutnya adalah mengirim brand/produk tersebut kepadanya. “Biasanya juga dengan fee-nya. Aku biasa dapat Rp 200 ribu seminggu,” jelas Keke.

Pelbagai produk pernah dipromosikan Keke via Instagram miliknya. Mulai dari kosmetik, t-shirt, topi, kaos kaki, jaket, tas, kacamata, dan lain-lain. Sebagian barang-barang tersebut diakui Keke berasal dari brand ternama. Sebut saja t-shirt clothing distro dengan nama Great Store Inc. “Banyak tuh di situ brand-brand ternama. Kosmetik juga ada,” paparnya.

Dari mana brand/produk itu berasal? Ternyata tak hanya dari Samarinda dan Kalimantan Timur --seperti Balikpapan dan Tenggarong, Kutai Kartanegara. Keke menyebut, beberapa berasal dari Kota Kembang, Bandung. Seperti Wallsticker. Pun handbody dari Banjarmasin, Kalimantan Selatan. “Waktu barang datang, biasanya sudah langsung bayar. Kalau di Samarinda langsung cash,” paparnya. (*)

Reporter : Fai    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0