21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Pesan Walikota, Siswa-Mahasiswa Jangan Berorientasi Jadi PNS


Pesan Walikota, Siswa-Mahasiswa Jangan Berorientasi Jadi PNS
Walikota Samarinda Sjaharie Jaang. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Walikota Samarinda Sjaharie Jaang punya perspektif baru untuk kalangan remaja. Jaang mengingatkan, pasca lulus menempuh pendidikan, siswa dan mahasiswa tidak hanya memiliki orientasi menjadi pegawai negeri sipil atau PNS. "Keinginan menjadi PNS sudah seharusnya diubah dan ditinggalkan," ungkap Jaang, beberapa waktu lalu.

Menurut Jaang, di era pasar bebas saat ini, generasi muda seharusnya tidak lagi menjadi penonton, tetapi bisa merencanakan peluang untuk berwirausaha. Makanya, Jaang meminta kepada sekolah dan kampus agar menanamkan skill atau keahlian agar semangat berwirausaha tumbuh pasca lulus dan bisa menciptakan lapangan kerja sendiri.

"Persaingan kerja saat ini sangat ketat. Jika sumber daya manusia kita tidak siap, maka tenaga kerja dari luar negeri akan masuk ke sini (Samarinda, Red.)," katanya.

Jaang menganggap, langkah yang diambil Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan menggandeng perusahaan sangat tepat. "Sebab, dengan begitu, dukungan untuk menciptakan skill akan terwujud," tutupnya.

Di Samarinda, sejumlah sekolah kejuruan cukup untens menjalin kerjasama ini. Seperti SMK Negeri 1 Samarinda dengan Alfamidi, beberapa waktu lalu. Dalam Memorandum of Understanding (MoU) kedua belah pihak, siswa yang punya potensi membuka sebuah usaha retail akan mendapat sokongan dari Alfamidi.

Selain itu, sejumalh SMK di Kota Tepian juga banyak menjalin kerjasama dengan perusahaan industri alat berat maupun otomotif dalam penyediaan alat praktik. (*) 

 

Reporter : Ken    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0