21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Mahasiswa Baru Unmul Disambut Gelar Alutsista TNI AD


Mahasiswa Baru Unmul Disambut Gelar Alutsista TNI AD
Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. Ir. Masjaya bersama Danrem 091 Aji Surya Natakusuma saat meninjau alutsista di halaman parkir GOR Unmul Rabu 26 agustus 2015

KLIKSAMARINDA - Enam ribu mahasiswa baru pada Rabu pagi, 26 Agustus 2015 berbaris di halaman GOR Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda Kalimantan Timur (Kaltim). Para mahasiswa baru ini hadiri acara seremonial tahunan itu.

Sebelum memasuki GOR Unmul, mahasiswa baru yang berbaris tertib ini langsung dihadang oleh persenjataan tempur milik TNI AD. Meriam 105/ MW/TRK, Tank Anoa, hingga peralatan canggih penjinak ledakan bom. Pun, tenda-tenda prajurit lengkap dengan pajangan senjata dan pasukan siap tempur hadir di sana.

Dari pantauan KlikSamarinda, pemandangan baru dalam kegiatan tingkat universitas ini cukup menarik perhatian. Mahasiswa baru pun tak luput memandangi persenjataan milik TNI AD.

Pertama kali terjadi, pelaksanaan Percepatan Adaptasi Mahasiswa Baru (PAMB), sebelumnya dikenal Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Unmul, disertai pameran alat utama sistem persenjataan (alutsista) milik TNI AD.

Ihwal keberadaan persenjataan milik TNI AD ini, Rektor Universitas Mulawarman Prof. Dr. Ir Masjaya menyatakan gagasan tentang pameran persenjataan ini lahir dari mahasiswa sendiri. Pihaknya merespon positif dengan adanya pameran alutsista pada seremonial PAMB 2015.

"Justru yang meminta pameran ini adalah mahasiswa. Saya kira ini bagus karena komponen bangsa ini perlu dikenali oleh setiap komponen. Ada akademisi, mahasiswa juga aparat keamanan," ujar Masjaya usai membuka PAMB 2015.

Ditemui saat meninjau stand pameran persenjataan, Komandan Korem (Danrem) 091/ Aji Surya Natakusuma (ASN) Brigjen TNI Teguh Arif Indratmoko, menyatakan, pameran ini menjadi satu upaya untuk mempererat hubungan TNI AD, khususnya Korem 091 Aji Surna Natakusuma dengan Unmul. Pameran ini berbarengan dengan moment penerimaan mahasiswa baru Unmul untuk memperkenalkan alutsista yang berada di Kodam VI Mulawarman khususnya yang berada di Korem 091 Aji Surna Natakusuma (ASN).

"Harapan saya TNI AD dan Unmul bisa membina kerjasama lebih lanjut. Apa kebutuhan Unmul yang bisa kami bantu akan kami upayakan. Begitu sebaliknya. Misalnya pada bidang teknik atau pertanian yang dapat dikerjasamakan satu sama lain," ujar Danrem 091/ Aji Surya Natakusuma (ASN).

Dalam pameran ini, lanjut Brigjen TNI Teguh Arif Indratmoko, dihadirkan berbagai jenis persenjataan sesuai fungsi dan tugasnya. Misalnya, Zeni Tempur, persenjataan perorangan, hingga persenjataan satuan.

"Ya sesuai tugas dan fungsinya, persenjataan yang dihadirkan di sini terdiri dari Zeni Tempur, persenjataan perorangan, persenjataan satuan. Ada Kavaleri, Armed, Senjata ini berasal dari wilayah Kalimnatan Timur dibantu dari satuan-satuan tenaga," ujar Brigjen TNI Teguh Arif Indratmoko.

Danrem 091 Aji Surya Natakusuma dan Rektor Unmul kemudian meninjau langsung setiap senjata dan stand pada area pameran.

Pameran alutsita TNI AD ini dimulai usai pembukaan PAMB Unmul 2015. Simbolisasi ditandai pelepasan balon berwarna merah putih ke udara oleh Danrem 091 Aji Surya Natakusuma dan Rektor Unmul. Pameran ini berlangsung satu hari bersamaan dengan PAMB Unmul 2015 pada 26 Agustus 2015. (*)

Reporter : Inu     Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0