18 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Foodholic, Ini Tauco Kalimantan


Foodholic, Ini Tauco Kalimantan
Tauco Kalimantan. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Siapa yang tidak kenal dengan tauco? Bumbu masak berbahan dasar kedelai ini enak diolah untuk bumbu tumisan, masakan ayam, ataupun ikan.

Ya, tauco sejatinya terbuat dari kedelai yang telah difermentasi. Prosesnya direbus, dihaluskan, dan diaduk dengan sedikit tepung terigu. Kemudian, didiamkan hingga tumbuh jamur. Fermentasi tauco dilakukan dengan cara direndam dengan air garam.

Langkah selanjutnya dijemur di terik matahari selama beberapa minggu sampai aorma khas tauco keluar dan warnanya telah berubah kecokelatan. Nah, tauco Kalimantan ternyata berbeda dengan tauco Cianjur, Jawa Barat.

Bila tauco Cianjur punya tekstur lebih halus karena biji kedelainya telah dihaluskan, maka tauco Kalimantan memiliki butiran biji kedelai yang lebih utuh dengan warna cokelat muda. Tauco Kalimantan juga lebih berair dan tidak kental seperti tauco yang biasa dijual dalam kemasan botol kaca.

Meski begitu, tauco Kalimantan memiliki aroma khas kedelai yang telah difermentasi. Warnanya cokelat dan cenderung asin. Biasanya, tauco Kalimantan dijadikan bumbu penyedap masakan seperti ikan dan ayam. Namun tak sedikit pula yang dicampur dengan sayur. (*)

Reporter : Bunga Aviria    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0