21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Wah, Gubernur Kaltim Ancam Tak Mau Ekspor Batu Bara dan Gas


Wah, Gubernur Kaltim Ancam Tak Mau Ekspor Batu Bara dan Gas
Awang Faroek Ishak. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Gubernur Kalimantan Timur Awang Faroek Ishak meradang. Kaltim yang dikenal sebagai daerah kaya sumber daya alam berlimpah, justru kerap kekurangan energi di sebagian besar kabupaten/kota.

Melihat kondisi itu, Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kaltim mengancam tak mau lagi mengekspor SDA ke luar negeri. Seperti batu bara, gas, dan crude palm oil atau CPO. Faroek menegaskan, jika itu dilakukan, maka semua SDA di Bumi Mulawarman akan dimanfaatkan sepenuhnya untuk masyarakat Kaltim.

"Saya tegaskan, Kaltim akan mempelopori gerakan tak ada lagi ekspor batu bara dan CPO ke luar negeri," ucap Faroek.

Bagi Faroek, selama ini batu bara dan gas dari Kaltim hanya dinikmati masyarakat luar negeri. Sementara masyarakat di Kaltim justu tidak merasakannya. "Masa batu bara dan gas hanya digunakan orang luar negeri? Ini harus kita gunakan dan diolah di dalam negeri," tandas Faroek.

Menurut Faroek, pasca pertemuan dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) bulan lalu, ada persamaan visi menyelamatkan SDA yang tidak hanya di Kaltim, tetapi juga di daerah lain.

"Selama ini gas kita dikirim keluar negeri. Kita sendiri enggak kebagian, Kaltim enggak kebagian. Begitu juga batu bara kita ekspor. Tapi sekarang sudahsaatnya batu bara ini diolah dan digunakan di dalam negeri," tukas Faroek. (*)

Reporter : Ken    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0