21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Hore! Karst Sangkulirang Mangkalihat Masuk Nominasi Warisan Dunia


Hore! Karst Sangkulirang Mangkalihat Masuk Nominasi Warisan Dunia
Perbukitan karst Sangkulirang Mangkalihat tak hanya menyimpan situs perbakala, tetapi juga menjadi habitat bagi satwa liar. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Warta ini bisa jadi kebanggaan masayarakat Bumi Mulawarman. Perbukitan karst Sangkulirang Mangkalihat di Kutai Timur (Kutim), Kalimantan Timur (Kaltim), masuk dalam lima besar nominasi peninggalan alam dan cagar budaya dunia yang ditetapkan The United Nations Organization for Education, Science and Culture (UNESCO).

Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Kaltim, Riza Indra Riadi, mengaku mendukung penetapan status karts Sangkulirang Mangkalihat menjadi cagar budaya dunia. Sokongan itu, ujar Riza, juga datang dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud), melalui Balai Pelestarian Cagar Budaya Samarinda wilayah Kalimantan.

Menurut Riza, pasca masuk nominasi tahun ini, BLH akan melengkapi sejumlah persyaratan untuk dikirim ke Paris, Prancis. Nantinya, tim khusus dari UNESCO akan turun ke lapangan untuk melakukan verifikasi.
Namun, perlu waktu lama untuk proses itu. Serupa ketika UNESCO menetapkan sistem pengairan di Subak, Bali, dan Candi Borobudur sebagai warisan dunia.

"Jika karst Sangkulirang Mangkalihat ditetapkan sebagai warisan dunia, maka ini jadi satu-satunya dan yang pertama di Kalimantan. Perhatian dunia akan terarah ke sana. Bahkan bantuan pembangunan dunia untuk kawasan itu akan mengalir sendiri," beber Riza.

Bagi Riza, hal terpenting adalah bmengelola secara optimal untuk melindungi karst Sangkulirang Mangkalihat, baik terkait budaya maupun aspek sumber daya alam. "Jadi kebanggaan kalau karst Sangkulirang Mangkaliat jadi warisan dunia dapat dicapai," sebut Riza. (*)

 

Reporter : Ken    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0