10 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Astaga, Warga Belarusia Telanjang Massal di Tempat Kerja


Astaga, Warga Belarusia Telanjang Massal di Tempat Kerja
Warga Belarusia bertelanjang massal di tempa kerja. (Foto: Istimewa)

KLIKSAMARINDA.COM - Ada fenomena unik yang terjadi di Belarusia beberapa hari belakangan. Warga di sana mendadak melakukan aksi telanjang massal di tempat kerja masing-masing.

Aksi telanjang massal yang dilakukan warga Belarusia berawal dari pidato sang presiden, Alexander Lukashenko, tentang perekonomian pada awal pekan lalu. Ketika itu, sang kepala negara diketahui salah mengucapkan kalimat.

“Kita harus bertelanjang dan bekerja,” ujar Lukashenko dalam sebuah acara di kota Minsk.

Menurut salah seorang penyiar Rusia, Lukashenko kemungkinan besar ingin mengatakan “membangun dan bekerja” pada saat itu. Ditambahkannya, kata membangun dan telanjang punya pengucapan yang hampir mirip dalam bahasa Rusia.

Nah, niat hati ingin mengejek pidato Lukashenko tersebut, sekelompok orang di Belarusia sengaja mengikuti pernyaataan sang presiden secara harfiah. Benar saja, dalam waktu singkat, sejumlah warga beramai-ramai mengunggah foto telanjang di tempat kerja atau tempat umum ke media sosial.

Aksi telanjang massal itu berhasil menghebohkan jagat maya. Dengan menyemat tagar #getnakedandwork, fenomena itu pun menuai beragam komentar seperti dilansir huffingtonpost.com.

Oleh Russian Times, Lukashenko pernah disebut sebagai diktator paling kuat di muka bumi. Ia telah menjabat sebagai presiden Belarusia selama 22 tahun.

Sejak berkuasa, pria 61 tahun itu sudah sering memenjarakan lawan-lawan politiknya, sehingga mendapat kecaman dari kelompok hak asasi manusia.

Belakangan ini, ketidakpuasan masyarakat terhadap kinerja Lukashenko diklaim terus meningkat. Menurut data, tahun ini, perekonomian Belarusia anjlok sekitar 3 persen. Tingkat pengangguran di sana pun meningkat beberapa tahun terakhir.

Belarusia atau Republik Belarus merupakan sebuah negara di Eropa Timur yang beribukota Minsk. Secara administratif, negara tersebut terbagi menjadi enam provinsi dan sebuah kota khusus.

Sebagian besar wilayah Belarusia terdiri atas dataran rendah yang mendatar. Hutan menutupi wilayah Belarusia Utara. Punggung dataran tinggi membentang dari timur laut ke barat daya di tengah Belarus.

Industri jasa menyumbang sekitar setengah dari outputekonomi dan ketenagakerjaan di Belarusia. Industri jasa yang terkenal di sana antara lain pendidikan, perawatan kesehatan, transportasi, serta perdagangan ritel. (*)

Reporter : Inu/dari berbagai sumber    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0