21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Tes SBMPTN Unmul Digelar, Jumlah Pendaftar Meningkat


Tes SBMPTN Unmul Digelar, Jumlah Pendaftar Meningkat
Pelaksanaan SBMPTN di Unmul, Samarinda (Foto:Ist)

KLIKSAMARINDA.COM - Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Universitas Mulawarman (Unmul) Tahun 2016 dimulai sejak Selasa, 31 Mei 2016 sampai dengan Rabu 1 Juni 2016. Dilansir dari laman resmi Unmul, tercatat sebanyak 10.489 peserta ujian tulis terdaftar sebagai peserta di Panlok 77 Samarinda guna mengikuti serangkaian tahapan ujian untuk memperebutkan 1.601 kursi yang tersedia melalui jalur ini.

Dengan demikian, dari data yang didapat, tahun ini Unmul mengalami peningkatan jumlah pendaftar dari tahun sebelumnya yang mencapai 9.588 pendaftar.

Pelaksanaan ujian yang dilakukan secara serentak diseluruh wilayah Indonesia tersebut, diawali Tes Kemampuan Dasar (TKD) Sains dan Teknologi (Saintek) dilanjutkan dengan Tes Kemampuan dan Potensi Akademik (TKPA).

Dipimpin oleh Rektor, Prof. Dr. H. Masjaya., M.Si berserta jajaran staf rektorat, rombongan menuju ke beberapa tempat ujian untuk melakukan pemantauan langsung pelaksanaan ujian yang dimulai pukul 08.30 WITA ini.

Sementara itu, pukul 14.15 WITA ujian dilanjutkan dengan TKD bagi calon mahasiswa baru yang memilih program studi pada kelompok Sosial Humaniora (Soshum).

Sedangkan, bagi peserta yang memilih program studi Penjaskesrek dan Etnomusikologi harus melalui ujian keterampilan pada tanggal 1 dan 2 Juni mendatang. Adapun pengumuman hasil seleksi bisa diakses di tanggal 28 Juni 2016 pada website sbmptn.ac.id.

Seperti diketahui, setelah jalur SNMPTN dan SBMPTN, Unmul akan membuka jalur Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN) yang pendaftarannya dimulai tanggal 29 Juni sampai dengan 15 Juli 2016 melalui website smmptn.unmul.ac.id.

Pada jalur terakhir ini, akan tersedia 1.798 kursi. Total daya tampung tahun ini Unmul menyediakan 5.509 kursi melalui tiga jalur penerimaan mahasiswa baru.

Pada prosesi praregistrasi ini, selain melapor diri para peserta juga mengambil undangan guna melakukan verifikasi raport dari tanggal 2-9 Juni 2016 sesuai dengan jadwal undangan yang diperoleh.

“Hari ini para peserta diwajibkan membawa kartu tanda peserta SNMPTN yang asli serta menandatangani daftar hadir, mengambil undangan dan kartu tanda bukti praregistrasi,” ujar Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswaan, Drs. La Hasan, M.Si saat memberikan arahan.

“Kepada calon mahasiswa baru yang tidak hadir hari ini, maka dianggap mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa baru melalui jalur SNMPTN 2016,” imbuhnya.

Untuk diketahui, pengumuman hasil kelulusan verifikasi raport bagi calon mahasiswa yang telah melaksanakan lapor diri, dapat mengakses laman www.unmul.ac.id atau www.sia.unmul.ac.id pada tanggal 20 Juni 2016. (*)

Reporter : Robbi    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0