11 Desember 2018

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Di Kukar, Rita Tak Lolos Verifikasi Faktual


Di Kukar, Rita Tak Lolos Verifikasi Faktual
Rita Widyasari (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Sejumlah pasangan bakal calon yang maju via jalur perseorangan, ternyata tak lolos verifikasi faktual yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum se-kabupaten/kota di Kalimantan Timur.

Kata Rudiansyah, Komisioner KPU Kaltim, pasangan calon independen yang gagal tersebut ada di beberapa kabupaten/kota di Kaltim.

Diantaranya Balikpapan, Penajam Paser Utara (PPU), Kutai Timur (Kutim), Kutai Barat (Kubar), serta Berau. Sementara di ibukota sendiri --Samarinda-- hampir bisa dipastikan tidak ada pasangan bakal calon independen yang mendaftar.

Di daerah-daerah itu, ujar Rudiansyah, pasangan calon independen tersebut dinyatakan belum memenuhi syarat.

Menariknya --petahana di Kutai Kartanegara (Kukar)-- Rita Widyasari yang berpasangan dengan Edi Damansyah, juga tak lolos verifikasi faktual untuk bakal calon di jalur perseorangan.

"Khusus untuk PPU, tidak akan mengikuti Pilkada serentak di Kaltim 9 Desember nanti," sebut Rudiansyah kepada KlikSamarinda, Minggu (26/7/2015) hari ini.

Kendati begitu, Rudiansyah menegaskan, pasangan yang belum memenuhi syarat itu bukan berarti tak lolos dan tidak bisa mengikuti Pilkada serentak.

"Pasangan independen yang belum memenuhi verifikasi tahap pertama tetap bisa mendaftar, karena pemenuhan syarat minimal dukungan diberi waktu oleh tahapan dimasa perbaikan," bebernya.

Masa perbaikan itu sendiri, papar Rudiansyah, dilaksanakan mulai Selasa (4/8/2015) sampai Jumat (7/8/2015) mendatang.

Bagi Rudiansyah, pasangan bakal calon di jalur perorangan yang belum memenuhi syarat itu diketahui karena beberapa alasan.

"Misalnya, adanya dukungan ganda, pendukung menyatakan tidak mendukung, dan pendukung yang penempatan alamatnya salah. Bahkan ketika ingin ditemui PPS sampai batas waktu yang ditentukan ternyata tidak ada," urainya. (*)

Reporter : Tar    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0