18 Agustus 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Tragedi Yuyun, Siswi SMP Yang Tewas Setelah Diperkosa 14 Pemuda


Tragedi Yuyun, Siswi SMP Yang Tewas Setelah Diperkosa 14 Pemuda
Yuyun, siswi SMP di Bengkulu yang tewas setelah diperkosa 14 pemuda (Foto: Dokumentasi)

KLIKSAMARINDA.COM - Sekali lagi kemiskinan memakan korban lewat caranya yang teramat buas. Yuyun siswi SMP yang cerdas dan mahir baca Al Quran tewas mengenaskan diperkosa 14 pemuda tanggung, yang semuanya miskin dan pengangguran. Mereka melakukan perbuatan bejatnya setelah mabuk berat tuak yang ternyata dijual bebas di Bengkulu. Sukar dipercaya, tuak menjadi ikon Bengkulu, provinsi termiskin di Sumatra.

Yuyun dan keluarganya yang miskin tinggal di Desa Kasie Kasubun, Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kabupaten Rejang Lebong , Provinsi Bengkulu. Empat daerah itu secara berjenjang ternyata mewakili kemiskinan akut yang berujung pada maraknya kejahatan di sana.

Badan Pusat Statistik 2015 menunjukkan bahwa Bengkulu adalah provinsi termiskin di Sumatra. Menyusul di bawahnya, propinsi Aceh. 17,16 persen penduduk Bengkulu miskin di atas rata-rata nasional yang 11,13 persen. Dari 1533 desa dan kelurahan di Bengkulu, 48 persennya atau 670 desa adalah desa terisolir yang masuk dalam kategori Desa Tertinggal.

Selama lima tahun terakhir, tidak ada perubahan signifikan APBD Provinsi Bengkulu. Malahan gubernur yang lalu, ditangkap karena korupsi. 75 persen APBD Bengkulu dipasok dari pusat karena Pendapatan Asli Daerah (PAD) cuma bergerak di kisaran 400 hingga 500 milyar saja. Jadi sangat wajar jika provinsi ini tercekik oleh kemiskinan.

Bengkulu miskin. Rejang Lebong adalah yang termiskin di Bengkulu. Sebanyak 40 persen penduduknya atau sekitar 91 ribu jiwa hidup miskin. Daerah ini sejak lama dikenal sebagai penerima bantuan beras miskin terbanyak, penerima terbesar Kartu Program Keluarga Harapan, Kartu Indonesia Sehat dan Kartu Indonesia Pintar di Provinsi Bengkulu.



Reporter : Budi Setiawan    Editor : Dwi Hendro B



Comments

comments


Komentar: 0