26 Maret 2019

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Kreatif, Wirausahawan Muda di Samarinda Sulap Drum Bekas Jadi Benda Bermanfaat


Kreatif, Wirausahawan Muda di Samarinda Sulap Drum Bekas Jadi Benda Bermanfaat
Karya kreatif Ahmad Fauzi yang berbahan drum (Foto: Ahmad Fauzi)

KLIKSAMARINDA.COM - Anda barangkali pernah melihat tong atau drum bekas yang teronggok begitu saja atau dijadikan pot. Drumseperti itu biasanya dianggap tak berfaedah.Namun, bagi beberapa orang drum bekas itu justru menjadi inspirasi untuk mendaur ulang.

Seperti di tangan pemuda kreatif asal Samarinda, Kalimantan Timur ini, drum bekas itu menjadi sofa-sofa kecil dan meja yang ciamik.

Ya, Ahmad Fauzi sanggup menyulap drum bekas menjadi sebuah sajian furniture yang berbeda. Hasilnya adalah mebel cantik warna warni. Keterampilan ini baru dimulai Ahmad Fauzi sejak dua bulan lalu.

Menurut Ahmad Fauzi, saat ditemui KlikSamarinda pada Rabu siang 30 Maret 2016 di bengkel kerjanya, Awalnya tong-tong ini dibersihkan terlebih dahulu. Tong tersebut disusun secara rapi dan untuk memperkokoh susunannya tong tersebut diberi mur pada ujung alumuniumnya.

Dengan begitu tong dapat membentuk sekat ruangan yang memisahkan ruangan intern dengan ruangan inti. Pada bagian yang terpotong, diberi alas kayu atau logam sebagai landasan jok kursi. Drum kemudian dicat sesuai selera, dan dipadukan dengan warna jok kursinya.

Dengan memotong drum dan membalikkannya sehingga bagian drum yang tertutup berfungsi sebagai meja yang bisa untuk meletakkan secangkir kopi maupun pesawat televisi.

Mebel dari drum bekas ini pun layak ditempatkan di ruang keluarga, teras dan sebagainya. Untuk keperluan seperti itu, Ahmad Fauzi harus menyediakan sebuah drum bekas yang tidak terpakai.

"Saya mencari bahan baku drum bekas kalau ada pesanan. Agak sulit, tetapi ada saja kalau dicari," ujar Fauzi kepada KlikSamarinda di bengkel kerjanya yang terletak di Jalan Sindang Sari, Kelurahan Makroman, Samarinda.

Fauzi, bersama seorang kawan, bereksperimen menggunakan drum-drum bekas untuk pembuatan barang-barang furniture. Seperti sofa unik dari susunan drum yang membentuk sandaran kursi lalu ditempelkan pada rangka kursi. Dudukan kursi diisi bantalan dan mengubah bentuknya menjadi sofa cantik yang dapat menghiasi sudut sebuah rumah.

Untuk harga, Fauzi mematok harga sesuai pesanan.Untuk Kursi sofa single, harganya bisa mencapai Rp1 juta. Jika pemesan menginginkan satu set sofa, nilainya bisa lebih tinggi.

"Kisaran harga sesuai pesanan. Kalau kursi single bisa Rp1 juta.Satu set bisa mencapai Rp3 juta," ujar Fauzi.

Saat ini, dirinya juga memproduksi lemari dan rak dari drum bekas. Uniknya, produk-produk karya Fauzi sebagian besar dipasarkan secaraonline pada media sosial. (*)

Reporter : Magie Aksan    Editor : Dwi Hendro B.



Comments

comments


Komentar: 0