17 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ssst! Pengendara di Samarinda Terpantau CCTV


Ssst! Pengendara di Samarinda Terpantau CCTV
ATCS yang dimiliki Dishub Samarinda ini dianggap yang paling mumpuni di Tanah Air. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Anda sering melanggar rambu lalulintas? Barangkali saat ini harus mulai waspada. Di Samarinda, semua pengendara motor dan mobil kini terpantau via closed circuit television atau CCTV. Penerapan teknologi Area Traffic Control System (ATCS) ini terpasang di sebagian besar persimpangan jalan Kota Tepian.

Menurut Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Samarinda Abdulah, tidak hanya pelanggaran lalulintas saja yang menjadi fokus pantauan. Pelbagai tindak kriminal yang terjadi di jalan, juga turut menjadi fokus penggunaan teknologi ini. Saat ini, ungkap Abdulah, 24 CCTV sudah terpasang di sejumlah persimpangan jalan.

"Nomor polisi kendaraannya juga bisa terpantau karena kualitas dari kamera CCTV sangat mendukung. Begitu juga ketika terjadi aksi kriminalitas, sistem ATCS di pusat kontrol di kantor kami (Dishub, Red.) bisa merekamnya secara otomatis," ungkapnya.

Keberadaan ATCS itu, lanjut Abdullah, bukan hanya sebatas penataan ritme dan rekayasa lalulintas, tetapi juga dapat memantau kemacetan yang disebabkan genangan air, kecelakaan, serta kriminalitas.

Di pusat kontrol ATCS di kantor Dishub, bahkan dapat dilakukan penataan siklus lampu lalulintas berdasar input data yang diperoleh secara real time melalui CCTV pemantau pada beberapa titik persimpangan jalan.

Penentuan waktu siklus lampu persimpangan dapat diubah berkali-kali dalam satu hari. Tentu sesuai kebutuhan lalulintas paling efisien yang mencakup keseluruhan wilayah tersebut.

"Dari pusat kontrol ATCS banjir bisa dipantau. Bahkan kami bisa langsung menurunkan petugas untuk turun mengatur arus lalulintas jika mengalami kemacetan," katanya.

"Setiap peristiwa di persimpangan bisa terpantau dan terekam. Polisi lalulintas yang menilang saja bisa terlihat, bahkan perampokan di salahsatu rumah di sekitar simpangan juga terekam. Jadi, keberadaan ATCS ini banyak memberikan keuntungan," imbuh Abdullah.

Disamping itu, ATCS yang dimiliki Dishub merupakan bantuan dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Samarinda. Abdulah mengklaim, ATCS ini merupakan salahsatu yang terbaik secara nasional.

"Kami juga pernah kedatangan kunjungan studi banding dari Bandung. Pusat kontrol ATCS tersebut dikendalikan tiga operator," tukasnya. (*)

Reporter : Ken    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0