21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Ini Penyebab Lulusan SD di Daerah Terpencil Tak Lancar Membaca


Ini Penyebab Lulusan SD di Daerah Terpencil Tak Lancar Membaca
Foto istimewa

KLIKSAMARINDA - Kurangnya perhatian orangtua murid, terhadap pendidikan putra putrinya, menjadi penyebab utama rendahnya kualitas lulusan di SD Negeri 001, Desa Miau Baru, Kabupaten Kutai Timur, Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Pengamat Pendidikan Kaltim, Nanang Rijono mengatakan orangtua murid di Desa Miau Baru justru lebih sering mengajak anaknya berkebun, dibandingkan menyuruhnya ke sekolah. “Ini saya ketahui dari diskusi langsung dengan kepala sekolahnya,” ungkap Nanang.

Baca juga : Waduh...Lulusan SD Ini Tak Lancar Membaca dan Tak Hafal Nama Presiden

Sementara, jarak kebun yang cukup jauh dari tempat tinggal mengharuskan anak berhari-hari meninggalkan bangku sekolah. “Ini menandakan kepedulian terhadap pendidikan anak masih sangat kurang,” kata Nanang.

Secara fasilitas, menurut Nanang, SDN 001 Miau Baru tak kalah dengan sekolah dasar pada umumnya. Pun demikian dengan kualitas tenaga pendidik yang mengajar.

Persoalan muncul ketika pihak sekolah menetapkan murid tersebut tidak naik kelas. Orangtua murid, kata Nanang, langsung datang dan marah dengan para guru. “Orangtua beranggapan anak mereka tidak pernah buat onar di sekolah. Kenapa tidak naik kelas? Nah, guru-guru di sana, dari pada jadi masalah, lebih pilih menaikkan kelas saja. Walaupun secara kemampuan akademik, belum cukup untuk naik tingkat,” ulas Nanang. (*)

 

Reporter : tar    Editor : Tar Aviv



Comments

comments


Komentar: 0