23 Oktober 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Usia 70 Tahun, Srihadi Masih Gelar Pameran


Usia 70 Tahun, Srihadi Masih Gelar Pameran
Srihadi Soedarsono (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Usia tampaknya tak menyurutkan langkah maestro lukis Srihadi Soedarsono (70) untuk menggelar pameran besar 70 Tahun Rentang Kembara Roso. Lebih dari 400 karya lukis sejak 1946 hingga 2015 bakal terpampang memesona. Menurut Srihadi, dirinya telah lama menginginkan judul pameran tersebut dan baru sekarang tercapai.

"Awal berkarya itu didorong oleh rasa yang keluar dari kalbu. Kalau kita menggali pada diri kita sendiri itu ada hal-hal yang bisa diekspresikan, dorongan dari rasa," jelas Srihadi di Senayan City, Jakarta Selatan, Rabu 13 Januari 2016.

Srihadi mengungkapkan, karya-karya yang terpajang hasil kontemplasi. Semua lukisan, imbuh Srihadi, goresan lukisan di atas kertas-kertas maupun kanvas hasil dari pengamatan dan pengendapan rasa lama, sebelum akhirnya menjadi simbol dialog transenden antara ide artistik, rasa, dan energi tubuh.

Srihadi mengatakan, karya seni hasil simbolik estetika berkolaborasi kebenaran yang terlihat, kebenaran mendorong pemikiran yang transenden kejiwaan.

"Dalam karya-karya saya nanti akan terlihat pemilihan-pemilihan dalam menghadapi objek dalam kehidupan," ujar Srihadi.

Ia menambahkan bahwa 70 Tahun rentang Kembara Roso tanda tujuh puluh tahun proses kreatif pelukis besar berusia 84 tahun, sejak revolusi kemerdekaan RI (1946-1949) ketika masih 14 tahun sebagai Tentara Pelajar di Surakarta, hingga menjadi maestro seni lukis Indonesia.

Tercatat, lebih dari 400 karya Srihadi dari 1946-2015 di atas media kertas menjadi karya periode penting pameran, meliputi poster-poster perjuangan era revolusi kemerdekaan RI, cat air, drawing, sketsa dan lukisan pastel. Selain itu, terpamerkan tujuh lukisan tema penari Bedoyo, Borobudur, pemandangan ritual masyarakat petani dan penari Bali.

Ia lantas mengaku pameran 70 Tahun Rentang Kembara Roso terbanyak menyajikan karya material karena sarana edukasi bagi publik bahwa karya seni rupa tersebut sangat penting, yang membantah lukisan itu hanya cat di atas kanvas saja.

Kurator Rikrik Kusmara menyampaikan jika pameran ini memiliki daya tarik dari sisi lain Srihadi.

"Yang menarik dari pameran ini, kita bisa melihat sisi lain yang belum banyak diketahui tentang Srihadi. Selama ini orang kebanyakan hanya tahu karyanya lewat lukisan dari kanvas."

Menurut dia, pameran merupakan energi lain Srihadi yang belum pernah publik ketahui. Rentang Kembara Roso, papar dia, perjalanan unik media kertas terarsip sejak 1946.

Pameran 70 Tahun Rentang Kembara Roso akan berlangsung di Galeri Nasional Indonesia (GNI) Jakarta Pusat, 11 hingga 21 Februari 2016. (*)

Reporter : IC    Editor : Sanusi Bachtiar



Comments

comments


Komentar: 0