21 November 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Dua Trah Politik Kaltim Bisa Ikut Pilkada


Dua Trah Politik Kaltim Bisa Ikut Pilkada
Dari kiri; Norbaiti, Donna Faroek, Awang Ferdian Hidayat. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA – Aturan Komisi Pemilihan Umum Nomor 9 Tahun 2015 membuka peluang dua trah politik di Kaltim ikut pemilihan kepala daerah. Dalam konstelasi politik terkini, sejumlah nama dari keluarga petahana santer disebut bakal maju.

Mereka adalah Norbaiti --istri mantan Bupati Kutai Timur Isran Noor-- dan dua anak Gubernur Kaltim Awang Faroek Ishak, Dayang Donna Walfaries Tania (Donna Faroek, Red.) dan Awang Ferdian Hidayat.

Norbaiti yang kini menjabat sebagai anggota Komisi X DPR RI dikabarkan akan maju di Pilkada Kutim lewat Partai Demokrat. Pun dengan Awang Ferdian Hidayat yang juga dikabarkan akan menjadi seteru Norbaiti di pilkada Kutim via Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Sementara untuk nama terakhir, Donna Faroek, dipastikan bertarung di pilkada Samarinda lewat Partai Golongan Karya (Golkar).

Komisioner KPU Kaltim Rudiansyah menyebut, pasca draf itu disosialisasikan via konsultan publik, maka sejumlah pasal di dalamnya berubah. "Norbaiti, Dayang Donna dan Awang Ferdian bisa ikut Pilkada di Kaltim," katanya.

Khusus untuk Norbaiti, Rudi menjelaskan, setelah KPU Kaltim mengonsultasikan PKPU Nomor 9 Tahun 2015 , Norbaiti akhirnya bisa ikut pilkada sesuai pasal 1 poin 19.

Alibinya, dalam pasal itu menyebut jika calon petahana adalah yang sedang menjabat. Sedangkan, saat ini Isran Noor sudah tidak resmi lagi menjabat sebagai Bupati Kutim.

“Begitu juga dengan Awang Ferdian dan Dayang Donna, bisa ikut pilkada karena ada beberapa ketentuan yang dihapus dan memungkinkan keduanya ikut pilkada,” tukasnya. (*)

Reporter : Tar    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0