11 Desember 2017

Belum punya akun? Silahkan mendaftar

Berita Rekomendasi

Jembatan Mahakam Masuk 10 Besar Terpopuler di Indonesia


Jembatan Mahakam Masuk 10 Besar Terpopuler di Indonesia
Jembatan Mahakam di malam hari. (Foto: Ist)

KLIKSAMARINDA - Ini bisa jadi kebanggan bagi masyarakat Kota Tepian. Akhir tahun lalu, sebuah media nasional melansir hasil jajak pendapat soal jembatan mana saja di Tanah Air yang dianggap populer.

Hasilnya, jembatan Mahakam di Samarinda masuk dalam deretan 10 besar jembatan paling dikenal di Indonesia. Berada di posisi 7, jembatan Mahakam memang kalah bersaing dengan 7 jembatan lain di Indonesia. (lihat infografis)

Tapi menariknya, vote yang dilakukan 25 November hingga 4 Desember 2014 itu justru dilakukan di luar Pulau Kalimantan. Seperti Jabodetabek, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Palembang, Manado, hingga Makassar.
Dengan melibatkan 400 responden, metode pengumpulan data itu dilakukan via telepon.

Seperti diketahui, jembatan Mahakam merupakan  sarana pengubung darat yang membelah Sungai  Mahakam. Dibangun medio 1987, jembatan ini sempat menjadi daya tarik wisata.

Selain jembatan Mahakam, nama lain yang masuk adalah jembatan di Tenggarong, Kutai Kartanegara (Kukar) yang berada di urutan ketiga. Dibangun sekira 6 tahun lamanya (1995-2001), jembatan sepanjang 710 meter ini merupakan sarana penghubung antara Tenggarong dengan Tenggarong Seberang.

Bentuk jembatan ini sendiri cukup unik. Mahfum dirupakan dengan jembatan Golden Gate di San Fransisco, Amerika Serikat. Seperti diketahui, pada medio 2011, jembatan ini runtuh dan menimbulkan banyak korban jiwa. (*)


Jembatan Terpopuler di Indonesia

1. Suramadu
2. Ampera
3. Kutai Kartanegara (Mahakam II)
4. Barito
5. Siak
6. Barelang
7. Mahakam
8. Pasupati
9. Kahayan
10. Rumpiang     

Reporter : Ken    Editor : Fai



Comments

comments


Komentar: 0